Sampah terlihat berserakan di lokasi wisata Pantai Batu Berdaun, Senin (1/1) pagi. F. Wijaya Satria/Batam Pos.

batampos.co.id – Sampah berserakan di sejumlah lokasi wisata di Dabo Singkep seperti di lokasi pantai Batu Berdaun, setelah perayaan malam tahun baru. Di sepanjang pantai, mulai dari sampah bungkus makanan banyak juga sampah bekas pondok-pondok sementara yang dibangun untuk perayaan pergantian tahun.

“Iya semakin kotor saja pantai Batu Berdaun ini, tidak nyaman mau berwisata di kawasan ini,” kata salah seorang warga setelah memungut sekantong sampah ditempat dia dan keluarganya akan membentang tikar menghabiskan hari libur tahun baru di kawasan Wisata Pantai Batu Berdaun, Senin (1/1) pagi.

Masih di lokasi yang sama, tidak hanya sampah bekas makanan kemasan yang berserakan, tumpukan kayu yang telah terbakar untuk api unggun juga terlihat masih berserakan di kawasan tersebut. Tali dan pelepah kelapa juga jelas terlihat berhamparan di pantai tersebut.

Sebelumnya, warga sekitar telah meminta kepada siapa saja yang merayakan malam pergantian tahun di pantai kampung mereka itu agar memperhatikan kebersihan. Mengumpulkan dan membuang sampah pada tempatnya jika hendak meninggalkan lokasi pantai. Namun peringatan tersebut tidak diindahkan.

Lokasi wisata pantai Batu Berdaun adalah salah satu kawasan wisata andalan di Dabo Singkep. Pantai dengan pasir putih terbentang panjang dengan ombak yang landai menjadikan lokasi tersebut salah satu lokasi wisata pavorit warga.

Seperti malam pergantian tahun yang sudah-sudah, warga banyak mendirikan tenda serta bermalam di pantai tersebut. Ada yang menyalakan api unggun ada juga yang memanggang ikan atau makanan lainnya bersama keluarga. Namun kondisi ini menjadikan kawasan tersebut kotor dengan sampah.

Sehingga keesokan harinya setelah malam pergantian tahun, warga yang hendak menikmati keindahan pantai Batu Berdaun merasa terganggu dengan kondisi sampah berserakan. Mereka juga turut memungut sampah dan membersihkan bekas perayaan malam pergantian tahun tersebut.

“Kalau sama-sama menjaga kebersihankan bagus. Harus merasa bahwa lokasi ini milik kita semua, jadi ada rasa tanggungjawab dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Ani saat berkunjung ke wisata pantai tersebut. (wsa)

Advertisement
loading...