Anggota Kodim 0318 Natuna bersama Dinas Pertanian Kabupaten Natuna menanam padi perdana di Kelarik, Minggu (31/12). F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Kodim 0318 Natuna bersama Dinas Pertanian Kabupaten Natuna mulai penanaman padi perdana cetak sawah di Kelarik, Minggu (31/12).

Iklan

Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal, mengatakan benih padi yang tanam adalah varietas padi situ bagendit dengan sistem tanam untuk sementara ini sistem tugal.

Dikelarik ini katanya, ada 68 hektare lahan padi yang dikelola oleh 71 kelompok tani. Dan diharapkan saluran irigasi cepat dimanfaatkan ke depannya. Dijelaskan Dandim, membuka lahan sawah mengalami kendala cuaca, dan terbatasnya alat berat.

“Pemanfaatan lahan sawah yang baru dicetak merupakan kegiatan yang sangat perlu diperhatikan dan perawatan petani. Petani juga perlu dibina secara intensif dan difasilitasi dengan bantuan sarana produksi pertanian agar petani dapat segera mengusahakan lahan sawah tersebut secara berkelanjutan,” kata Dandim.

Kades Kelarik Utara Zapridin mengharapkan, program cetak sawah dibarengi pembinaan petani secara intensif. Karena rata-rata petani saat ini banyak berlatar belakang sebagai nelayan.

“Kami minta Dinas pertanian untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para petani. Kami tidak mau lahan yang sudah dibuka susah payah ini tidak terkelola,” ujarnya.(arn)