Warga Batam memadati alun-alung Engkuputri Batamcentre untuk melihat kembang api seklaigus menyambut pergantian tahun 2017 ke 2018, Senin (1/1). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki memastikan bahwa selama perayaan natal hingga tahun baru kemarin di wilayah hukum Polresta Barelang berlangsung aman dan kondusif. Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari warga baik itu laporan pencurian, pecah kaca, dan jambret.

“Selama perayaan natal sampai tahun baru zero accident di Kota Batam. Baik itu laporan di polsek-polsek maupun laporan di Polresta Barelang,” kata Hengki, Selasa (2/1) pagi.

Bahkan menurut dia, perayaan malam tahun baru di dataran engku putri juga nihil laporan masyarakat. Menurut dia, keamanan di Kota Batam sejak perayaan natal dan tahun baru tidak terlepas dari pengamanan yang dilakukan oleh seluruh personil Polri, instansi terkait serta bantuan pengamanan dari TNI, Ditpam dan Satpol PP Kota Batam.

“Selain Polri dan instansi terkait. Kemanan di Kota Batam juga tidak terlepas dari partisipasi masyarakat di Kota Batam yang ikut menjaga keamanan lingkungan tempat tinggalnya,” tuturnya.

Selain gangguan tindak pidana, Hengki juga tidak menerima adanya laporan dari masyarakat yang menggunakan kembang api pada saat perayaan malam natal maupun pada malam tahun baru. Baik itu laporan kebakaran maupun laporan jatuhnya korban dalam menggunakan kembang api.

“Sampai tadi malam (Senin malam, red) berakhirnya operasi Lilin juga belum ada kita terima laporan,” akunya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga suasana aman di Kota Batam. Hal ini bertujuan agar semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung di Kota Batam, sehingga dapat mendongkrak pemasukan daerah.

“Untuk wisatawan jangan takut. Silahkan berwisata ke Batam. Kami dari aparat kepolisian maupun dengan instansi lainnya akan bekerja keras untuk amankan Batam dari gangguan Kantibmas,” bebernya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejahatan jalanan selama tahun 2018 ini, ia tetap memerintahkan jajarannya untuk melakukan patroli dari pagi hingga malam hari. Baik itu, patroli engku putri mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Usai patroli engku putri, kemudian dilanjutkan dengan patroli Batara Biru mulai sore hingga pagi hari hari.

“Batara biru itu tergabung dari personil Raimas Sabhara Polresta Barelang dengan dibantu oleh polsek-polsek jajaran Polresta Barelang. Sementara untuk Cipta Kondisi juga kita laksanakan untuk membubarkan balap liar atau remaja yang ngumpul hingga dinihari,” imbuhnya. (cr1)

Advertisement
loading...