batampos.co.id – Kondisi geografis Kepulauan Riau yang terdiri dari pulau-pulau menjadi tantangan tersendiri bagi Kanwil Kemenag Kepri. Bahwasanya kerja memeratakan pendidikan agama sudah semestinya dilakukan secara serius sebagai bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kepri ke depannya.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal menyebutkan, sudah sejak setahun belakangan pihaknya memprioritaskan peningkatan kualitas madrasah binaan Kemenag Kepri. “Karena bagaimana pun madrasah juga harus mampu bersaing dengan sekolah umum,” ucap Marwin pada Hari Amal Bhakti ke-72 Kemenag RI, Rabu (3/1).

Marwin jug tak bosan-bosan mengimbau kepada seluruh jajarannya, utamanya yang bersentuhan langsung dengan sektor ini benar-benar bekerja lebih giat. “Tunjukkan madrasah mampu lebih baik. Saat ini animo masyarakat sedang tinggi-tingginya terhadap madrasah,” tegasnya.

Animo masyarakat ini, sambung Marwin, adalah momentum yang mesti dimaksimalkan. Sekaligus jadi waktu terbaik untuk membalas kepercayaan masyarakat. Sudah saatnya, tegas Marwin, guru madrasah merubah pemikiran bahwa kehadiran madrasah bukan saja hanya sekedar mengajar tetapi bagaimana dapat berkontribusi menunjukkan ke masyarakat kalau madrasah lebih baik.

Selain itu, yang menjadi catatan tersendiri dalam peringatan Hari Amal Bhakti tahun ini adalah kerja untuk terus meningkatkan kualitas mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam NKRI. Melihat amat pentingnya tugas itu, sambung Marwin, maka pada setiap diri aparatur Kemenag melekat beberapa misi yang saling terkait.

“Ya, misi itu antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama,” ujar Marwin. (aya)

Respon Anda?

komentar