batampos.co.id – Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas Asiah, mengatakan, jika tahun lalu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) masih manual. Namun ada kemungkinan untuk pelaksanaan UN tahun 2018 ada sejumlah sekolah yang sudah siap menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Ada kemungkinan tahun ini kita bisa menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer khususnya untuk tingkat SMP. Karena ada beberapa sekolah yang mendapatkan bantuan akses Internet dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia,” ungkapnya kepada wartawan Rabu (4/1).

Sekolah yang sudah menyatakan siap kata Asiah, yakni SMP N 1 Siantan. Karena sekolah tersebut sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan memungkinkan untuk melaksanakan UNBK. Baik dari sisi jumlah komputer dan jaringan sudah siap. “Kemarin kepala sekolah SMP N 1 Siantan Maimun, sudah sampaikan kepada pihak Dinas,” ungkapnya lagi.

Sementara itu menurut pantauannya SMP N 2 Siantan juga sudah siap untuk menerapkan UNBK karena secara kelengkapan alat juga sudah ada. Ditambah lagi adanya bantuan akses Internet dari Kementerian Kominfo Republik yang saat ini masih dalam proses pemasangan tower.

“Untuk SMP N 2 Siantan belum ada pernyataan kesiapan dari sekolah, tapi dari sisi kelengkapan alat sudah cukup. Sertifikasi guru tahun lalu juga pernah dilaksanakan di SMP N 2 Siantan. Jumlah komputernya sudah cukup,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan bantuan akses Internet dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika ( BP3TI) yang merupakan lembaga yang dibentuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) . Bantuan akses Internet tersebut diberikan kepada sejumlah sekolah, Puskesmas dan sejumlah kantor desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas. (sya)

Advertisement
loading...