Iskandarsyah. F. Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Setelah Partai Gerindra memastikan akan mengusung pasangan Syahrul-Rahma pada Pilkada Tanjungpinang pertengahan tahun mendatang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum jua menentukan langkah lanjutan. Dua partai politik yang sempat mesra dalam Koalisi Setara ini mulai memikirkan kebijakan politik masing-masing jelang Pilkada yang sudah di depan mata.

Keputusan Partai Gerindra yang tidak mengakomodasi kader dari partai rekanan ini membuat PKS hingga kini belum jua menyatakan sikap dan dukungan secara mutlak. Secara, internal partai ini sebenarnya hendak mengajukan Iskandarsyah yang kini masih menjabat sebagai anggota DPRD Kepri.

Ketika dihubungi kemarin, Iskandarsyah tidak menampik bahwa partainya belum menyatakan sikap terkait langkah ke depan jelang Pilkada tahun ini. Tapi bukan berarti berdiam diri. “Posisi kami sekarang juga masih terus membangun komunikasi dengan partai politik lain. Tunggu saja dulu, sebelum tanggal 8 Januari segalanya masih bisa saja terjadi,” ujar Iskandarsyah, Kamis (4/1).

Dengan keputusan Gerindra yang mengusung Syahrul-Rahma dan juga dikabarkan bakal berkoalisi dengan Partai Golkar membuat jumlah kursi minimum untuk mendaftarkan bakal calon pasangan sudah tercukupi. Di sisi lain, PKS mesti menambah kursi dengan koalisi ke partai lain.

Hal ini pula yang membuat Iskandarsyah belum bisa secara pasti melanjutkan niatannya meramaikan kontestasi pesta demokrasi lima tahunan kali ini. “Kalau ada tiket pasti maju, tapi kita lihat saja nanti,” ujar Iskandarsyah diplomatis.

Keriuhan politik jelang Pilkada yang terjadi di Tanjungpinang beberapa waktu belakangan ini adalah perubahan konstelasi politik. Keputusan Gerindra, diakui Iskandarsyah, jadi satu di antara penyebab yang membuah konstelasi ini jadi amat dinamis.

Namun itu bukan suatu permasalahan yang patut dikhawatirkan. PKS, kata dia, tetap akan mengusahakan yang terbaik dalam menentukan langkah terbaik buat ke depan. “Intinya kami masih intensif menjalin komunikasi dengan partai lain, tunggu saja nanti seperti apa keputusan PKS,” pungkas Iskandarsyah. (aya)

Advertisement
loading...