batampos.co.id – Serangan jantung sebagai penyebab kematian utama di dunia membuat perhatian terhadap kesehatan jantung menjadi hal yang utama. Sampai-sampai perlu dibentuk sebuah komunitas agar kerja untuk saling mengingatkan tentang kesehatan jantung jadi semakin lebih mudah.

Iklan

Ketua Yayasan Jantung Sehat Provinsi Kepulauan Riau, Yuniarni Pustoko Weni berharap kegiatan senam jantung sehat menjadi aktivitas rutin di tengah-tengah masyarakat Tanjungpinang.

“Saya ingin senam jantung sehat bisa dilaksanakan setiap minggu, dengan mengikutsertakan masyarakat, selain itu, akan ada senam diabet. Dalam pelaksanaannya nanti, ada pelatih yang akan membimbing,” ujar Wenny, kemarin.

Ajakan ini Wenny sampaikan kepada masyarakat usai melantik 30 anggota Klub Jantung Sehat (KJS) Indonesia Kelurahan Kamboja, Jumat (5/1) kemarin. Pelantikan tersebut berlangsung di pelataran Gedung Pertemuan Yayasan Xin Ling Fa Men Budha, di Jalan Bakar Batu Tanjungpinang.

Agar ajakan senam jantung sehat semakin mudah dan menarik minat warga, Wenny menilai sudah perlunya dipikirkan agar kegiatan senam jantung sehat dapat ditampilkan dalam agenda yang dilaksanakan di kelurahan dengan mengundang masyarakat untuk mengikuti senam jantung sehat bersama.

Anggota DPRD Provinsi Kepri ini turut mengajak para ibu, agar memberi saran kepada bapak-bapak untuk tidak merokok. Karena tidak menampik kenyataan bahwasanya rokok berdampak negatif terhadap kesehatan.

“Karena puluhan orang yang ada disekitar perokok akan menanggung akibatnya dari asap rokok tersebut,” ujarnya.

Lurah Kamboja, Raja A. Mukmin yang juga selaku Pembina Klub Jantung Sehat Kamboja, mengajak masyarakat untuk turut serta giat berolahraga dan bina rasa kekeluargaan sangat tinggi diantara warga.

“Organisasi KJS ini harus berjalan dengan baik dan berfungsi secara optimal, bukan hari ini terbentuk setelah itu senyap saja, tetapi harus tetap eksis kegiatannya di lapangan,” pungkas Mukmin. (aya)