Pertokoan di sekitar pelabuhan Tanjungberlian ikut terkena banjir. F. Dokumentasi Imah untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Fenomena alam supermoon atau bulan besar yang terjadi beberapa hari ini, berdampak terhadap wilayah Kecamatan Kundur Utara. Banjir terjadi disekitar pelabuhan Tanjungberlian yang melanda di pertokoan warga hingga 10 centimeter. Akibat air pasang laut yang cukup tinggi, hingga menggenangi sekitar pesisir laut.

“Sudah tiga hari lalu, terjadi banjir rob kata orang di sini. Tapi, hanya sebentar saja kembali surut. Setiap tahun terjadi seperti ini, namun pada tahun ini agak lama waktunya dikarenakan berbarengan fenomena alam supermoon,” jelas Camat Kundur Utara Ery Noval Jadinata, kemarin (5/1).

Walaun terjadi banjir disekitar pertokoan, namun aktivitas masyarakat tidak terganggu mulai dari transaksi jual beli maupun yang ingin berangkat ke luar Kundur Utara dengan melalui pelabuhan Tanjungberlian. Akan tetapi, pihaknya tetap menghimbau agar waspada terhadap fenomena alam yang terjadi setiap tahunnya. Sehingga, bisa diantisipasi jauh hari, sebab fenomena tersebut tidak menentu waktu dan bulannya.

“Kita tetap melakukan koordinasi. Terjadinya banjir hanya disekitar pesisir pantai, tapi ada juga perkebunan warga yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam kembali surut,” ungkapnya.

Sementara salah seorang warga Urung Apek mengatakan, kejadian ini sudah biasa terjadi setiap tahun. Namun, pada tahun ini cukup lama waktu air pasang laut hingga masih kedalam rumah. “Sudah biasa, cuman surutnya agak lama sekarang. Mungkin perubahan cuaca, padahal akhir tahun lalu panas tak ada ujan, sekarang tiap hari ujan teruslah,” singkatnya. (tri)

Respon Anda?

komentar