Soni Sumarsono. F. JPNN

batampos.co.id – Direktur Jendral (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono mengatakan dirinya belum menerima usulan Gubernur Kepri Nurdin Basirun terkait tiga nama calon Penjabat Wali kota Tanjungpinang. Menurut Soni, pejabat terpilih tentunya adalah yang terbaik diantara yang baik.

“Sampai saat ini, belum ada sampai di meja kerja saya. Bisa jadi masih berada dibagian admministrasi. Karena mekanismenya tidak langsung ke saya,” ujar Soni Sumarsono, Jumat (5/1).

Mantan penjabat Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan, ada beberapa kriteria tentunya yang dilihat dari masing-masing pejabat yang diusulkan. Artinya, rekam jejak ketiga akan dipelajari secara detail. Ditegaskannya, nama yang disampaikan ke Kemendagri adalah yang sudah memenuhi kriteria.

“Misalnya sudah mengikuti Diklat Pimpinan I (Diklatpim I). Karena untuk menjadi Penjabat Walikota/Bupati harus punya kecakapan lebih dibandingkan dengan yang lain,” jelas Soni.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepri, Haryono mengatakan usulan Gubernur terkait penjabat Wali kota Tanjungpinang sudah disampaikannya langsung ke Kemendagri.

Karena satu bulan sebelum berakhirnya masa kerja Wali kota dan Wakil Wali kota usulan tersebut sudah diserahkan ke Kemendagri. “Sesuai arahan Pak Gubernur, surat usulan tiga nama Penjabat Walikota Tanjungpinang sudah saya serahkan langsung ke Kemendagri,” ujar Haryono, kemarin.

Mantan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, usulan yang disampaikan tidak serta merta langsung sampai ke meja kerja Ditjen Otda.

Menurut Haryono, mekanismenya adalah melalui bagian penerimaan surat menyurat.
“Pasti ada disposisi-disposisinya sebelum sampai ke tangan Ditjen Otda. Setelah itu baru dilanjutkan ke Mendagri untuk diputuskan,” jelas Haryono.

Ditambahkannya, ia yakin menjelang berakhirnya masa tugas Wali kota dan Wakil Tanjungpinang pada 16 Januari nanti, keputusan tersebut sudah diterima Pemprov Kepri. Penjabat Wali kota Tanjungpinang terpilih, akan dilantik langsung oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

“Khusus untuk Penjabat Wali kota atau setingkatnya yang melantik adalah Gubernur. Semoga dalam waktu dekat ini, sudah ada petunjuk dari Kemendagri,” jelasnya lagi.
Seperti diketahui, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun telah memutuskan dua putra terbaik Tanjungpinang dan satu dari luar Tanjungpinang untuk dipersiapkan sebagai pengganti Lis Darmansyah untuk memimpin Tanjungpinang lebih kurang 9 bulan ke depan.

Mereka adalah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Raja Ariza. Nama kedua yakni, Syamsul Bahrum Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan. Baik Raja
Ariza maupun Syamsul Bahrum sama-sama putra terbaik Tanjungpinang yang duduk di lingkaran Pemprov Kepri. Sedangkan satu nama lainnya adalah, Kepala Dinas Ketahanan
Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan, Ahmad Izhar.(jpg)

Advertisement
loading...