batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah menziarahi makam-makam leluhur yang ada di Tanjungpinang, Jumat (5/1) kemarin. Tradisi ini rutin ia lakukan setiap jelang peringatan HUT Tanjungpinang yang dirayakan tiap 6 Januari.

Bagi Lis, tradisi ini bukan sekadar aktivitas fisik. Melainkan sebuah bina rohani sekaligus bentuk penghormatan kepada pendahulu yang telah berjuang untuk Tanjungpinang. “Ini penting agar kita bisa meneladani perjuangan tanpa pamrih yang telah mereka lakukan,” ujar Lis.

Ziarah makam dimulai dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kota Piring, dilanjutkan ke makam Sultan Ibrahim di Sei Carang Kelurahan Air Raja, Makam Daeng Marewah, Kampung Kota Raja, Makam Daeng Celak di Sei Timun, kemudian menuju Pulau Penyengat untuk ziarah ke komplek makam Engku Puteri Raja Hamidah, Raja Ali Haji, dan berakhir di Masjid Sultan Raya Sultan Riau untuk melaksanakan sholat Jumat berjamaah.

Sesampai di makam, Lis beserta rombongan melaksanakan tahlilan serta memanjatkan doa, dilanjutkan menabur bunga, menyiram air, serta memasang kain batu nisan di pusara makam para leluhur.

“Kita bisa eksis hari ini, karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita. Makanya saya berharap tradisi ini bisa terpelihara,” kata Lis di sela-sela ziarah.

Puncak Hari Jadi ke 234 Tanjungpinang akan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Januari, pukul 19.30, yang dipusatkan di Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang. Akan ada sejumlah kegiatan dan panggung hiburan yang akan disajikan untuk menghibur masyarakat Tanjungpinang. (aya)

Respon Anda?

komentar