Para penumpang keluar dari pintu kedatangan Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (4/1/2017). Selain pintu kedatangan pintu juga keberangkatan penumpang masih terlihat ramai pasca liburan tahun baru. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Bandara Internantional Hang Nadim mencatat ada kenaikan jumlah penumpang di tahun 2017, bila dibandingkan 2016. Tercatat kenaikan itu sebesar 3,1 persen.

“Tahun 2016 penumpang di Hang Nadim hanya 6,1 juta. Namun tahun 2017 naik menjadi 6,3 juta orang,” kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Sabtu (6/1).

Ia mengatakan jumlah ini sesuai dengan target Hang Nadim. Karena awal tahun 2017, pihak Hang Nadim menargetkan jumlah penumpang yang datang, pergi dan transit hanya 6,3 juta orang.

“Kami tidak mamatok target terlalu tinggi. Karena melihat pergerakan penumpang di 2017, tahun 2018 kami hanya menargetkan jumlah penumpang 6,5 juta orang saja,” ucapnya.

Salah satu penyebab tidak tingginya target Hang Nadim, disebutkan Suwarso tidak adanya penambahan rute baru secara masif.

“Tahun 2014, masih banyak penambahan rute. Tiap bulan ada. Tapi sekarang tidak seperti itu lagi,” ucap Suwarso.

Saat ini, kata Suwarso rute yang dilayani Hang Nadim sudah cukup lengkap. Penambahan rute nantinya tergantung tinggi atau rendahnya permintaan dari masyarakat.

“Tentunya pihak maskapai menghitung untung dan rugi. Kalau tinggi permintaan pasti buka rute baru,” ucapnya.

Ia memprediksi di tahun ini, penambahan rute juga tidak banyak. “Tetap ada, tapi satu-satu aja,” ucapnya.

Saat ini maskapai yang melayani penerbangan di Hang Nadim yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Malindo Air, Srwijaya Air, Nam Air, dan Susi Air.

“Ke depan pelayanan dan fasilitas akan terus kami tingkatkan. Agar dapar memberikan rasa nyaman ke para calon penumpang,” pungas Suwarso. (ska)

Advertisement
loading...