Jumat, 29 Maret 2024

Imigrasi Tegaskan Informasi Bikin Paspor di Kepri Mall Gratis Itu ialah Hoax

Berita Terkait

Dalam Bulan Bakti Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam membuka stand khusus permohonan atau penggantian paspor elektronik di Kepri Mall. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Stand khusus permohonan atau penggantian papsor elektronik di Atrium Kepri Mall diserbu warga, Sabtu (6/1). Adanya informasi pembuatan paspor gratis diduga menjadi penyebab utama stand tersebut diserbu warga.

Ratusan warga terlihat menunggu di pintu masuk Kepri mal sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka rela menunggu di luar meski mal tersebut belum buka.

Aisyah warga Batuaji mengaku sengaja datang lebih awal dari mal dibuka karena adanya informasi pembuatan paspor gratis. Informasi itu ia dapatkan melalui pesan whatsaap di ponselnya.

“Katanya hari ini buat paspor gratis, makanya datang kesini. Taunya dari WA,” ujar wanita yang datang bersama dua anak dan suaminya.

Menurut Aisyah, tak hanya dia yang datang. Beberapa tetangga sebelah rumahnya juga datang karena informasi buat paspor gratis.

“Tetangga yang belum punya paspor juga datang. Kami sudah membawa syarat lengkap,” imbuh Aisyah.

Namun saat mal dibuka, Aisyah dan puluhan orang lainnya harus menelan kekecewaan. Petugas menegaskan jika tak ada pembuatan paspor gratis. Stand tersebut sengaja dibuka Sabtu-Minggu hanya untuk pembuatan paspor eletronik. Bahkan, protes warga sempat membuat petugas disana kewalahan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto juga membantah informasi pembuatan paspor gratis. Ia heran warga bisa dapat informasi pembuatan paspor darimana.

“Stand Imigrasi diserbu karena informasi hoax tentang paspor gratis. Kalau gratis saya pun mau,” ujar Lucky kepada Batam Pos, kemarin.

Menurut dia, petugas sudah menjelaskan jika stand tersebut dibuka khusus untuk pembuatan paspor elektronik dalam rangka hari bakti Imigrasi. Stand tersebut di buka setiap Sabtu dan Minggu hingga tanggal 21 Januari mendatang.

“Tadi ada juga yang datang untuk buat paspor biasa. Jelas ditolak oleh petugas, karena stand itu khusus untuk paspor elektronik,” tegas Lucky.

Karena itu, ia menegaskan agar warga lebih teliti dalam menerima informasi apapun. Jangan telan bulat-bulat informasi apapun sehingga merugikan diri sendiri.

“Jadi saya tegaskan Imigrasi tak ada mengratiskan pembuatan paspor. Stand di Kepri Mal khusus Sabtu-Minggu dan untuk paspor elekronik,” pungkas Lucky. (she)

Update