Ilustrasi

batampos.co.id – Komisioner Bidang Hukum Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Batam, Mangihut Rajagukguk mengatakan saat ini sudah merampungkan verifikasi faktual dua partai baru yakni PSI dan Perindo.

Ia menjelaskan verifikasi faktual meliputi keanggotaan, kantor, kepengurusan dan keterwakilan 30 persen perempuan di masing-masing dikedua partai tersebut.

“Hasilnya sudah kami serahkan ke pusat melalui provinsi. Kedua partai memenuhi syarat,” kata dia, Senin (8/1).

Verifikasi berjalan dengan baik, karena partai yang bersangkutan juga membantu KPUD selama melakukan verifikasi. Selanjutnya KPUD akan melanjutkan verifikasi terhadap Partai Berkarya dan Garuda.

“Masih lanjut hingga tanggal 12 Januari nanti, setelah itu akan kami serahkan ke pusat hasilnya,” imbuh Mangihut.

Ia menyebutkan tidak semua partai mengikuti verifikasi faktual. Sesuai dengan peraturan nomor 7 tahun 2017, partai yang belum pernah menjalani verifikasi itu harus mengikuti tahapan yang satu ini sebagai persyaratan keikutsertaan di Pemilu 2019 mendatang.

“Jadi hanya empat partai itulah yang kami verifikasi, dan minggu ini selesai,” imbuhnya.

Selain verifikasi faktual, saat ini pihaknya juga tengah melakukan persiapan untuk penyusunan daerah pemilihan (dapil) nantinya. Hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah dapil sama atau ada penambahan.

“Yang ini (dapil) masih kami bahas,” ucap pria berkacamata ini.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan perekrutan PPK/PPS yang akan bertugas membantu KPU menghadapi pemilu 2019 mendatang.(cr17)

Respon Anda?

komentar