Iklan
Pilwako Pinang

batampos.co.id – Memasuki masa pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah, Senin (8/1) kemarin, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tanjungpinang akan menerapkan pola pengawasan melekat di sekretariat KPU Tanjungpinang. Pengawasan ini akan berlangsung sampai Rabu (10/1) sebagai hari terakhir pendaftaran bakal paslon.

Iklan

Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Maryamah menjelaskan, pengawasan melekat ini bertujuan untuk memastikan prosedur yang dilakukan KPU Tanjungpinamg dalam melayani pendaftaran sudah sesuai dengan aturan yang ada. “Semakin mendekati masa pemilihan, pengawasan yang dilakukan sudah pasti akan semakin intensif,” tegas Maryamah, kemarin.

Bahkan, sambung Maryamah, pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada Tanjungpinang 2018 sudah digesa sejak masa-masa awal pengumuman secara resmi terkait pelaksanaan pilkada sejak tahun lalu.

Senada dengan itu, Kordiv Pencehagan dan Hubungan Antar Lembaga, Muhamad Zaini mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu Panwaslu telah berkoordinasi dan mengirimkan surat imbauan agar KPU memperhatikan ketepatan waktu dan prosedur dalam menerima pendaftaran pasangan calon. Tak lupa juga serta memperhatikan kelengkapan dan keabsahan berkas. “Dalam surat ‘cinta’ tersebut, kami pun mengimbau agar mendepankan sikap adil, setara dan netral sesuai amanat UU dan PKPU dalam menerima pendaftaran pasangan calon,” ujar Zaini.

Zaini menambahkan, bahwa saat ini Panwaslu telah membentuk Pokja Pencalonan dengan membentuk tim pengawasan yang selalu siap dan siaga melakukan pengawasan secara intensif.

Ia turut mengimbau kepada para pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan mendaftar, agar melengkapi berkas syarat calon dan syarat pencalonan. “Hindari pemalsuan berkas, karena sesuai Pasal 184 UU No.10 Tahun 2016, sanksinya sangat berat,” imbaunya. (aya)