Meskipun sudah dipasangan spanduk himbauan larangan parkir namun sejumlah pemilik kendaraan tidak mengindahkan himbauan tersebut. Terlihat sejumlah kendaraan parkir di jalan Engku Putri Batamcenter, Senin (8/1). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah pengendara roda empat tetap memarkirkan kendaraan di sepanjang Jalan Engku Putri atau tepatnya di depan Kantor Imigrasi Batam meski sudah ada larangan parkir. Bahkan, pengendara tersebut tak takut akan saksi pengembosan hingga penderekan karena parkir disana.

Kemarin siang, puluhan mobil secara bergantian terparkir di sepanjang jalan tersebut. Padahal di kawasan tersebut sudah ada rambu-rambu dilarang parkir. Bahkan disana juga telah terpasang spanduk besar larangan untuk tidak parkir. Di spanduk tertulis jika kawasan tersebut dilarang parkir, jika tetap nakal maka pemilik kendaraan harus siap dengan saksi pengembokan, pengembosan hingga penderekan.

Veronika pengendara mobil Xenia mengaku terpaksa parkir disana karena tak adanya lahan parkir. Apalagi kedatangannya ke Imigrasi hanya untuk mengantarkan berkas untuk permohonan paspor.

“Saya mau parkir dimana, bingung. Saya sebentar saja kok,” terang wanita berusia sekitar 45 tahunan ini.

Kenekatannya karena melihat banyaknya mobil yang juga parkir disana. Bahkan, ia sengaja menghiraukan rambu-rambu dilarang parkir.

“Yang lain bisa, jadi saya ikutlah,” ujar wanita ini tetap ngotot parkir disana.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengakui kesadaran masyarakat untuk tidak parkir sembarangan masih kurang. Padahal sudah jelas di daerah tersebut dilarang parkir, apalagi sudah ada rambu-rambu dilarang parkir berserta spanduk.

“Tahun 2017 petugas Dishub rutin berjaga dan kawasan tersebut bebas dari pengendara nakal. Dan sekarang ternyata disaat kami tak ada, pengendara parkir disana,” terang Yusfa.

Karena melihat minimnya kesadaran pengendara, ia pun berencana kembali menugaskan petugas Dishub untuk berjaga. Pihaknya pun tak segan-segan menerapkan beberapa sanksi kepada pengendara nakal.

“Besok (hari ini, red) petugas kami akan kembali berjaga disana. Jadi pengendara nakal akan langsung ditindak,” pungkas Yusfa. (she)

Advertisement
loading...