Polisi dan warga melihat tas koper yang didalamnya bersi bayi ditemukan oleh warga Perumahan Villa Paradise, Batuaji, Selasa (9/1). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Warga Perumahan Villa Paradise, Batuaji, Batam, menemukan seorang bayi di dalam sebuah koper cokelat, Selasa (9/1/2018) sekitar pukul 7.00 WIB. Bayi yang masih berwarna merah itu diduga sengaja dibuang orang tuanya.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu pertama kali ditemukan Muhammad Azid, warga Blok W Perumahan Villa Paradise. Azid menceritakan, pagi itu ia hendak berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motornya. Saat melintas di dekat pos satpam komplek, ia melihat koper cokelat tak jauh dari pos satpam.

“Posisinya di bawah plang nama panti asuhan,” kata Azid saat ditemui di Mapolsek Batuaji, Batam, Selasa (9/1).

Azid melanjutkan, saat itu ia tidak terlalu peduli dengan koper tersebut. Ia menduga ada warga yang hendak pulang kampung. Namun ia mulai curiga setelah melihat koper tersebut sedikit terbuka.

Rasa penasaran Azid kian menjadi, karena di dekat koper itu ada seekor ular berwarna hijau. Ia pun akhirnya memutar kendaraannya dan menghampiri koper tersebut.

Namun sebelum membukanya, Azid memanggil sejumlah warga untuk menyaksikan dan sama-sama mengecep isi koper.

“Sebenarnya saya takut saat membuka koper, siapa tahu bom atau apa,” katanya.

Setelah warga yang lainnya berkumpul, ia pun menyingkirkan ular yang berada di sekitar koper itu. Kemudian ia memberanikan diri membuka resleting koper berukuran 60 x 40 cm itu. Saat dibuka, Azid dan warga lainnya kaget bukan kepalang.

Di dalam koper itu terdapat bayi yang masih kemerahan dalam posisi tidur lelap. Tubuh mungilnya dibungkus sarung.

“Bayinya tak pakai baju. Hanya dibungkus kain saja,” ucapnya.

Penemuan bayi mungil dengan bobot 3 kilogram dan panjang 48 cm itu pun sontak menggegerkan warga. Kehebohan ini membuat semakin banyak warga yang mendatangi lokasi. Tak menunggu lama, bayi itu langsung dibawa ke Puskesmas Batuaji untuk diperiksa kesehatannya..

Azid memperkirakan bayi tersebut baru dilahirkan beberapa jam sebelum dibuang. Sebab tali pusar bayi masih menempel dan belum terpotong sempurna.

Warga menggendong bayi sambil memberi susu botol saat di Polek Batuaji dan bayi ini ditemukan didalam koper di Perumahan Villa Paradise, Batuaji, Selasa (9/1). Warga memberi nama Paradisa yang baru berumur satu hari ini. F. Dalil Harahap/Batam Pos

“Beruntung bayinya masih hidup. Soalnya koper tadi kebuka hanya seinci,” kata pria 38 tahun ini.

Usai dicek kesehatannya, bayi itu lantas dibawa lagi ke rumah warga. Warga pun ramai-ramai mengurus bayi itu. Ada yang memberikan baju bayi. Ada juga yang membawakan susu formula.

“Bayinya bersih. Cantik,” ujar Leni Tumiasri, warga setempat.

Selain bayi, warga juga menemukan satu lembar foto seorang laki-laki dan perempuan berhijab yang diduga pemilik koper tersebut. Foto itu tersimpan di salah satu kantong dalam koper. Namun warga setempat mengaku tidak mengenali dua orang dalam foto itu.

“Kami tak mengenalnya,” kata Leni.

Ia memperkirakan jika bayi tersebut dibuang sekitar pukul 5.00 WIB pagi, atau setelah satpam meninggalkan pos jaga. “Kami juga curiga kalau bayi ini mau dibuang ke panti asuhan yang ada di perumahan ini,” jelasnya.

Kanit Reskrim Polsek Batuaji Ipda Yanto membenarkan penemuan bayi tersebut. Saat ini, barang bukti yakni koper dan foto sudah diserahkan ke Mapolsek Batuaji. Sementara itu, bayi tersebut sudah dirawat di ruang Perinatalogi RSUD Embung Fatimah, Batuaji.

“Laporan sudah kami terima. Dan kasus ini sedang kami selidiki,” ujar Yanto. (cr19)


loading...