ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk-capil) Kota Batam siap terapkan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun ini. Berbagai persiapan tengah dilakukan diantaranya menghitung jumlah anak yang akan diberikan KIA.

“Daerah harus siap untuk menjalankan instruksi dari pusat, termasuk Batam sendiri,” kata Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar, Selasa (9/1).

Kendati demikian saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari pusat terkait tata laksanan maupun prosedur kepenguruasan KIA ini. Ia menyebutkan saat ini yang menjadi daerah percontohan, sedangkan Batam belum.

Ia menyebutkan melihat angka kelahiran berdasarkan pengajuan pengurusan akta lahir di kantornya, setiap hari ada 300 pengajuan untuk akta lahir. Ini menunjukkan jumlah pertumbuhan penduduk cukup tinggi.

“Ini juga yang tengah kami hitung, berapa jumlahnya, termasuk yang sudah menempuh pendidikan,” sebutnya.

Setelah mendapatkan data, pihaknya akan melaporkan terlebih dahulu ke pusat. Karena ini menyangkut blanko KIA yang akan diperoleh Batam.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya lebih mengutamakan pengentasan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP el) yang masih menumpuk dari tahun lalu. Hingga kini masih ada 50 ribu lebih pengajuan yang belum diproses, karena kekosongan blanko dari pusat.

“Prioritasnya masih KTP el, dan kami berharap pusat bisa memberikan Batam blanko yang cukup banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Pendaftaran Penduduk, Teddy M Nuh menambahkan KIA belum menjadi hal yang wajib untuk masuk sekolah, karena masih menggukan akta atau KK. “Sedangkan KIA belum menjafi syarat pasti, jadi tak ada masalah Batam belum KIA,” sebutnya.

Pemerintah daerah dalam hal ini tetap menunggu kelanjutan KIA di Batam. Menurutnya tentu ada hal yang harus dipersiapkan seperti sarana dan prasarana untuk nenunjang penerbitan KIA.

“Inginnya kami fokus KTP el dulu, karena warga sangat menunggu identitasnya selesai, tapi jika ada informasi dari pusat tentang KIA tentu kami harus siap juga,” tutupnya.(cr17)

Advertisement
loading...