ilustrasi

batampos.co.id – Rencana pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Batam di Kawasan Tanjung Gundap, Sagulung masih terkendala status Penetapan Lokasi (PL). Padahal Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) telah menargetkan pembangunan tahap pertama BLK selesai Agustus mendatang.

Iklan

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudy Sakyakirti belum bisa memastikan kapan dimulainya proyek pembangunan BLK. Padahal Kementrian beserta Dirjen Ketenagakerjaan sudah menyetujui kondisi lahan yang telah disiapkan Pemko Batam.

“Dirjen sudah melihat langsung lahan itu. Mereka sudah sangat setuju karena memang lahan itu dekat dengan laut. Tapi belum tahu kapan dimulai,” terang Rudy kepada Batam Pos, Selasa (9/1/2018).

Menurut dia, yang menjadi kendala pembangunan karena proses PL Tanjung Gundap belum kelar. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Kota Batam dan Camat Sagulung hingga perangkat daerah tersebut.

“PLnya masih kami usahakan. Namun Pak Aspawi (Kepala Badan Pertanahan) lah yang lebih paham bagaimana proses PL tersebut,” imbuh Rudy.

Untuk menentukan PL pihaknya pun harus memperhitungkan bagaimana status lahan. Agar tak terjadi permasalahaan dikemudian hari.

“Penuh perhitungan untuk PL ini, makanya koordinasi dengan banyak pihak terkait,” ujar Rudy.

Disisi lain, Rudy berharap jika pembangunan BLK tahap pertama selesai, pihaknya akan segera merekrut peserta pelatihan. “Kalau sudah selesai pasti langsung rekrut orang untuk pelatihan,” kata Rudy.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Kota Batam, Aspawi belum bisa dikonfirmasi terkait proses PL BLK tersebut.(she)