Puskesmas di Pulau Laut, Natuna yang akan segera dioperasikan. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Kecamatan Pulau Laut akan segera mengoperasikan Puskesmas tipe B tahun ini. Keberadaan puskesmas ini akan memberikan pelayanan kesehatan lebih mudah dan dekat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Aliansyah mengatakan, puskesmas tipe B di Pulau Laut sudah dilengkapi ruang rawat inap dan peralatan pendukung medis. Dan dalam waktu dekat akan diresmikan.

Selain Puskesmas Pulau Laut kata Hikmat, juga akan diresmikan Puskesmas Subi dan Puskesmas Serasan Timur, namun tipe C. “Tiga puskesmas pulau terluar ini tahun ini akan diresmikanberoperasi, menunggu arahan Bupati. Kelengkapan medis segera dilengkapi. Memang ada beberapa peralatan yang kurang, akan dilengkapi dilengkapi menyesuaikan kebutuhan medis,” kata Hikmat, Selasa (9/1).

Dijelas Hikmat, puskesmas tipe B dilengkapi 6 tempat tidur rawat inap, sementara puskesmas tipe C tidak dilengkapi rawat inap. Namun puskesmas Serasan Timur dan Subi sudah dilengkapi rawat inap. Selain itu, Puskesmas terluar akan dilengkapi dua dokter umum dan satu dokter gigi.

Dikatakan Hikmat, Pemerintah juga akan membangun puskesmas tipe B di Midai dan Pulau Tiga, rencananya 2019 mendatang. Saat ini kebutuhan puskesmas tipe B di Kecamatan tersebut sangat dinanti masyarakat. Selama ini pasien hanya bisa rawat jalan dan dirujuk di RSUD. (arn)

Advertisement
loading...