Lis Darmansyah dan Maya Suryanti menyampaikan orasi saat deklarasi pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota di Asrama Haji Tanjungpinang, Rabu (10/1). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Wali Kota petahana Lis Darmansyah, yang didampingi Maya Suryanti, siap melanjutkan kerja selama lima tahun ke depan. Pernyataan ini Lis dan Maya sampaikan ketika melangsungkan deklarasi dan doa selamat di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Rabu (10/12).

Iklan

Dengan diusung lima partai politik yang tergabung dalam koalisi, Lis akan berusaha yang terbaik agar bisa diberi kesempatan melanjutkan kerja memimpin kampung kelahirannya satu periode lagi. “Apalagi sekarang didampingi dengan Bu Maya Suryanti, kami siap melanjutkan kerja membangun Tanjungpinang menjadi kota yang lebih baik lagi,” ujar Lis.

Banyak pihak yang mempertanyakan pilihan Lis yang menggandeng Maya, yang notabene pernah menjadi kompetitornya pada Pilkada lima tahun lalu. Tapi, bagi Lis, pilihan bersama Maya adalah yang terbaik. Ia mengaku tidak sekadar memilih Maya sebagai pelengkap semata.

“Melainkan saya ingin mengajaknya bekerja. Beliau mampu bekerja. Sebagai tokoh perempuan, masih muda, saya yakin Bu Maya bisa memberikan peran yang penting dalam pembangunan Tanjungpinang selama lima tahun ke depan,” ujar Lis.

Maya menanggapi itu dengan rendah hati. Kata dia, sebuah kehormatan ketika diminta oleh Lis Darmansyah dan keluarga besar PDI Perjuangan maju pada Pilkada tahun ini. Keputusannya mengiyakan ajakan Lis lebih kepada keinginannya mengabdikan diri dan waktunya untuk bekerja membangun Tanjungpinang.

“Kota ini telah memberikan segalanya buat kita, dan cara terbaik membalasnya adalah dengan bekerja dan berkarya, saya bersama Pak Lis akan mengusahakan yang terbaik buat Tanjungpinang kita,” ujar Maya.

Keputusan yang ditempuhnya ini pun, kata Maya, sudah melalui pertimbangan yang matang. Baik itu dengan Suryatati, ibundanya yang juga mantan Wali Kota Tanjungpinang, juga suaminya. Restu dari keluarga menguatkan Maya kembali terjun ke dunia politik yang pernah ditekuninya lima tahun lalu.

“Karena itu, saya siap mengabdi tanpa keluh kesah, siap mengabdi tanpa merasa terzalimi, dan siap memberikan yang terbaik buat Tanjungpinang,” ujar Maya.

Usai merampungkan deklarasi, pasangan Lis-Maya ini kemudian berarak menuju Sekretariat KPU Tanjungpinang untuk langsung melakukan pendaftaran. Masing-masing ketua pengurus tingkat Tanjungpinang dari lima partai politik yang berkoalisi dan mengusung Lis-Maya, ikut menemani proses pendaftaran di KPU Tanjungpinang. Mulai dari PDI Perjuangan, Demokrat, PKPI, PPP, dan PAN.

Ketua KPUD Tanjungpinang, Robby Patria menyatakan telah menerima proses pendaftaran pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Lis Darmansyah – Maya Suryanti.

Robby menuturkan seluruh berkas persyaratan pencalonan telah lengkap. Namun, pasangan Lis-Maya masih perlu melakukan perbaikan pada berkas syarat calon.

“Pasangan ini tinggal perbaikan syarat yang pelaporan pajak,” tutur Robby.

Pemenuhan syarat laporan pajak ini, sambungnya, masih sedang dalam proses oleh kantor pajak. Kendati demikian, keterangan tertulis dari pasangan yang menyatakan telah melakukan proses pelaporan ini, dapat diterima oleh KPU.

Diterangkan Robby, ada tiga laporan pajak yang diperlukan. Yakni NPWP, keterangan telah membayarkan pajak selama lima tahun dan pembayaran pajak terakhir.

“Ini yang masih ditunggu sampai 20 Januari nanti dari pasangan Lis-Maya,” papar Robby. (aya)