Rabu, 24 April 2024

Listrik di Pulau Belum Merata

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun berinteraksi dengan masyarakat saat melakukan kunjungan ke pulau-pulau. F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun terus menggesa terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat salah satunya terpenuhinya kelistrikan di pulau-pulau. listrik yang optimal akan membuat produktivitas masyarakat semakin tinggi. Juga membantu meningkatkan sektor pendidikan.

“Ketersediaan listrik akan mempermudah akses kehidupan mereka, kita ingin Kepri segera terang-menderang dengan merata,” ujar Nurdin usai Safari Subuh di Masjid Al Amin Ganet, Tanjungpinang, Rabu (10/1).

Karena itu, Nurdin memerintahkan Dimas Energi dan Sumber Daya Mineral Kepri untuk melakukan pemetaan pulau-pulau serta desa-desa agar segera terelwktrifikasi. Secara perlahan-lahan, kawasan-kawasan tersebut harus dialiri listrik.

Terakhir, saat ke Pulau Batu Belubang, Kabupaten Lingga, masyarakat meminta permasalahan listrik do daerah mereka dituntaskan.

Nurdin menyadari, dalam rangkaian kunjungan ke berbagai daerah di Kepri, terutama pulau-pulau, keluhan utama masyarakat adalah soal pasokan listrik. Karena itu, ketersediaan tenaga listrik menjadi salah satu yang ingin dituntaskan Gubernur Nurdin.

Nurdin menyebutkan, jika di pulau-pukau hanya dibantu genset, ada kemungkinan masyarakat nanti akan kesulitan ke depannya. Terutama untuk pasokan bahan bakarnya. Makanya dia menegaskan harus PLN yang menjadi pemasok utama, supaya ada kontiunitas.

Pada kesempatan itu, Nurdin menambahkan ketersediaan listrik diharapkan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pulau-pulau. Apalagi dia yakin kualitas anak-anak pulau tidak kalah dengan yang berada di kota-kota.

“Mereka perlu mendapat peluang dan kesempatan,” kata Nurdin. (atm)

 

Update