batampos.co.id – Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan
Pertahanan Pemkab Natuna Agus Supardi mengatakan, tahun 2018 ini Pemerintah bangun perumahan khusus nelayan. Pemerintah Daerah sudah siapkan lahan, tinggal di bangun.

“Rumah khusus nelayan tahun ini 50 unit, Pemda sudah siapkan lahan 2 hektare lebih di Desa Tanjung,” ujar Supardi kemarin.

Rumah khusus nelayan ini kata Supardi, diperuntukkan nelayan yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah. Tidak diperuntukkan nelayan asalnya dari luar Natuna seperti transmigrasi. Perumahan tersebut khusus untuk nelayan lokal di Natuna.

Dijelas Supardi, nelayan yang mengalami musibah seperti kebakaran atau pecahan kepala keluarga yang kurang mampu dan belum memiliki rumah, bisa menempati rumah khusus nelayan yang dibangun pemerintah tersebut.

Untuk masyarakat umum kata Supardi, Pemerintah juga membantu menyediakan rumah yang layak. Tahun 2018 ini sudah disiapkan akan dibangun 104 unit rumah layak huni dan 170 peningkatan kualitas rumah atau direhab.

Bantuan rumah layak huni dan rehab rumah ini juga untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah. Untuk bangun baru, satu unit rumah dialokasikan dana sebesar Rp 30 juta dan rehab peningkatan kualitas dialokasikan Rp 15 juta per unit.

Sasaran rumah bantuan ini akan disebar seluruh Kecamatan. Namun dalam
pelaksanaanya tahun ini akan disasar beberapa Kecamatan, sehingga tidak ada lagi warga kurang mampu yang tinggal dirumah yang tidak layak.

“Jadi tahun ini dengan jumlah bantuan, dituntaskan beberapa Kecamatan. Jika masih ada yang tertinggal, akan diselesaikan tahun 2019. Dan diwilayah Kecamatan belum disasar akan digilir ditahun berikutnya hingga tuntas,” ujar Supardi.(arn)

Respon Anda?

komentar