Warga saat mendatangi lokasi pertambangan timah di kampung sekuning Desa Sri Bintan Kecamatan Teluk Sebong beberapa waktu lalu. F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Kegiatan pertambangan pasir timah yang sempat disambangi
masyarakat diduga kembali beroperasi. Kegiatan tersebut kembali beroperasi diam – diam di Kampung Sekuning Desa Seri Bintan Kecamatan Teluk Sebong.

Iklan

Salah seorang masyarakat yang ditemui Batam Pos belum lama ini mengatakan, kegiatan pertambangan pasir timah telah kembali dibuka di lokasi yang baru. “Lebih kurang satu kilometer dari lokasi yang lama,” katanya.

Ia mengatakan, mulanya informasi yang diterimanya, bukan kegiatan pertambangan melainkan mereka akan menanam pohon atau kegiatan penghijauan di lokasi yang baru, namun belakangan masyarakat curiga karena informasinya sudah ada alat berat yang masuk ke dalam lokasi tersebut.

“Memang kalau yang ini sudah ada izin pemilik lahan, lain dengan yang sebelumnya,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Sri Bintan Jumiran yang dihubungi Batam Pos, Rabu (10/1) siang kemarin mengaku mendengar kabar tersebut, namun dirinya belum bisa memastikan. “Tadi saya meminta pegawai desa memeriksa ke dalam soal itu tapi belum sepertinya,” katanya.

Ia serba salah karena kewenangan kegiatan pertambangan milik pemerintah provinsi. “Saya tak ada kewenangan itu,” tukasnya singkat. (cr21)