batampos.co.id – Utamakan pencari kerja Batam, pelatihan kerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Batam sepi peminat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan selama pendaftaran berlangsung yang mendaftar pelatihan mencapai 1.230 orang dengan kuota yang disediakan mencapai 886 dan 21 bidang keahlian.

“Tahun ini lebih mengutamakan pencaker asal Batam, berbeda dengan tahun sebelumnya,” kata Rudi, Jumat (12/1).

Ia mengatakan karena tahun lalu pelamar untuk pelatihan mencapai lima ribu peserta. Karena dibuka untuk seluruh pencaker termasuk mereka yang bukan KTP Batam.

“Intinya tahun ini pelatihan kami fokuskan untuk anak Batam,” sebutnya.

Selanjutnya mereka yang sudah mendaftar akan mengikuti seleksi di SMPN 3 Batam. Mereka yang memiliki nilai terbaik akan menjalani pelatihan sesuai keahlian yang dipilih.

“Setelah itu baru kami berikan sertifikat yang bisa digunakan untuk pendukung dalam mencari pekerjaan,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain mendapatkan sertifikat, sebanyak 40 peserta pelatihan kerja ini akan diberikan kesempatan magang di perusahaan.

“Jika mereka bagus akan langsung direkrut untuk bekerja, jadi tak usah cari kerja lagi,” ujarnya.

Tahun ini Disnaker Batam kembali mengadakan pelatihan untuk pencari kerja. Bidang yang dibuka antara lain scaffolding, rigger, autocad, pelatihan dasar keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pipe filter, welder dasar, teknik pendingin, operator mobil crane, K3, hingga HRD. Selain itu juga pelatihan Bahasa Inggris, SPG, motor roda dua, accounting level 1, akuntansi MYOB, hydroponik, tata rias kecantikan, salon, teknik komputer, security, dan menjahit garmen.(cr17)

Advertisement
loading...