Sony, vendor teknologi yang berbasis di Tokyo, Jepang itu membuat pengunjung gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) terkesima berkat anjing robot yang terlihat sangat nyata. Anjing itu bernama Aibo.

Aibo merupakan robot anjing yang diklaim oleh Sony memiliki kecerdasan buatan dan sensor yang sangat canggih. Hal itu membuat Aibo terlihat sangat realistis seperti hewan anjing sungguhan. Aibo juga diklaim memiliki kepribadian yang lebih baik.

“Aibo akan jadi peliharaan baru di masa depan,” jelas Sony seperti JawaPos.com kutip dari laman Cnet.

“Ini berkat kecerdasan buatan (AI) yang kami tanamkan. Aibo dapat merasakan lingkungan sekitarnya, dan bukan hanya untuk menghindari benda-benda. Anjing kecil ini juga dapat menggonggong dan beraktifitas sebagaimana hewan anjing sungguhan,” jelas Sony.

Aibo merespons sentuhan pada tiga bidang tertentu yakni di atas kepalanya, di belakang, dan di bawah dagunya. Dua kamera diletakkan di hidungnya dan dekat ekornya. Aibo juga memiliki self learning system yang membuat dia mampu mengidentifikasi anggota keluarga dan memetakan lingkungan rumah. Kamera tersebut juga bisa membimbingnya ke stasiun pengisian daya saat baterainya habis.

Untuk diketahui, Aibo merupakan peyempurnaan dari robot buatan Sony yang pernah dikenalkan tahun 2006 lalu. Aibo memiliki lebih banyak sistem organik hampir di 4000 bagian tubuhnya, serta memiliki dua buah bola mata OLED untuk interaksi yang lebih realistis.

Saat ini Aibo hanya dijual di Jepang saja, dan harganya tidak murah. Untuk dapat memilikinya Anda harus mengeluarkan biaya sekitar USD 1.760 atau setara dengan Rp 23,7 Juta. Namun itu akan sepadan dengan kepuasan yang akan didapatkan. Sebab Anda akan menjadi pemilik anjing robot pertama di kompleks rumah, dan jika Anda menginginkan hewan peliharaan yang tidak merepotkan seperti mengurus kotoran dan makanan mereka.

(ryn/JPC)

Respon Anda?

komentar