Sabtu, 20 April 2024

Cuaca Membaik, Pelayaran dari Punggur Kembali Lancar

Berita Terkait

Calon penumpang Kapal Ferry saat naik kapal di Pelabuhan Domestik Punggur.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Cuaca di Kepulauan Riau kembali membaik, setelah dua hari bergejolak. Angin sudah tidak berhembus kencang, begitu juga gelombang tidak terlalu tinggi. Rute yang dalam dua hari belakangan tidak bisa dilayari, akhirnya bisa dilalui kapal.

“Sudah lancar kembali, rute Batam sei Tenan dan Dabo sudah berlayar sejak, kemarin (14/1),” kata Kepala Pos Syahbandar Pelabuahan Telaga Punggur, Komaruddin, Senin (15/10.

Walau untuk dua rute ini, cuaca sudah bersahabat. Komaruddin mengatakan akan tetap melakukan pemantauan secara priodik terhadap cuaca. Setiap perubahan cuaca, akan disampaikan ke nakhoda dan pemilik kapal. “Kami terus berkoordinasi dengan BMKG juga. Agar mendapatkan update terbaru cuaca,” tuturnya.

Ia telah mewanti-wanti kepada nakhoda kapal, agar selalu waspada saat ada perubahan cuaca mendadak.

“Saya selalu minta memperhatikan setiap perubahan cuaca,” ucapnya.

Hal yang senada diucapkan oleh Manager Usaha PT ASDP cabang Kepri, Adolf DC Enoch. Ia mengatakan rute Karimun dan Tajungpinang sudah beroperasi secar normal. Begitu juga dengan ruta Batam Dabo. “Nanti malam (15/1) mereka berangkat dari sana,” tuturnya.

Ia mengatakan walau ada peringatan dini cuaca, gelombang sudah tidak setinggi tiga hari yang lalu. “Kami akan pantau terus cuacanya,” ujarnya.

Dari data Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, gelombang di perairan Dabo paling tinggi hanya 1,5 saja. Perairan Batam, 1 meter. Namun dari data itu disebutkan untuk daerah Anambas dan Natuna, gelombang masih cukup tinggi. Anambas gelombang maksimum 4 meter, Natuna 5 meter. (ska)

Update