Jumat, 19 April 2024

DAK Rp 17 Miliar Untuk Dua Ruas Jalan

Berita Terkait

ilustrasi, .F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat ke Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk pembangunan jalan hanya Rp 17 miliar. Sudah dipastikan anggaran ini hanya akan membangun dua ruas jalan di sekitar pemukiman warga.

“Kalau DAK ke kita hanya Rp 17 miliar. Tetap DAK ini kan bukan hanya di kita, tetapi di OPD lain juga,” kata kepala dinas Binas Marga dan Sumber Daya Air, Yumasnur , Senin (15/1).

Ia mengatakan dua paket pekerjaan DAK yakni di daerah kavling lama, Sagulung dan di dapur 3 kelurahan Cijantung, Galang,” katanya.

Menurutnya, saat ini pengerjaan dua ruas jalan ini sudah masuk lelang. Dan mungkin, di Februari mendatang akan mulai pengerjaan fisik.

“Jadi pembangunan jalan ini kita buat bertahap. Tidak mungkin langsung semua kota Batam bisa tercover,” katanya.

Ia berharap di tahun 2019 mendatang, Pemko Batam juga akan mendapat DAK dengan nilai yang lebih besar. Tentunya akan digunakan untuk pembangunan jalan dan juga pencegahan banjir.

“Pencegahan banjir ini adalah masalah yang serius. Ini memang menjadi konsen kita sekarang. Apalagi untuk musim hujan seperti sekarang ini, katanya.

Anggota komisi III DPRD Kota Batam Werton Panggabean, mengatakan DAK untuk dinas Binas Marga dan Sumberdaya Air tahun ini lebih kecil daripada tahun lalu. Meski demikian, ia berharap angggaran yang sudah ada tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kami berharap pembangunannya jangan asal-asalan. Dan ingat dalam DAK ini harus dilihat prioritas pembangunan. Harus di daerah yang memang sudah sangat mendesak,” katanya.

Ia juga berharap Pemko Batam bisa terus melakukan lobi ke pusat untuk mendapatkan nilai DAK yang lebih besar. Termasuk pembagian DAK di semua OPD harus terukur.

“Kita berharap dana DAK ini bisa tepat sasaran. Kita akui untuk pembangunan infrastruktur memang butuh biaya besar,” katanya. (ian)

Update