Jumat, 29 Maret 2024

Kemenristekdikti akan Bangun Dua Politeknik di Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, industri kreatif bidangnya beragam. Khusus di Batam akan dibangun dua politeknik baru untuk menunjang industri kreatif. Yakni politeknik industri kreatif berbasis teknologi dan politkenik di bidang perbaikan pesawat terbang atau aircraft maintenance.

Khusus untuk politeknik bidang aircraft maintenance ada alasan khusus dibangun di Batam. Yakni karena dekat dengan Singapura. ā€™ā€™Sehingga nanti biaya spare part tidak terlalu mahal,ā€™ā€™ katanya usai melantik Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif Purnomo Ananto di Jakarta, Senin (15/1).

Selain itu, Nasir berharap perawatan dan perbaikan pesawat yang biasanya dilakukan di Singapura, bisa digarap dan diselesaikan di dalam negeri.

Nasir menjelaskan yang terkait dengan ekonomi kreatif memang harus dikembangkan semuanya. Politeknik yang ada selama ini dan masih bersifat masa lalu juga harus dikembangkan. Dia mencontohkan politeknik yang cenderung bersifat masa lalu itu seperti politeknik bidang mekanik dan pertanian.

ā€™ā€™Politeknik pertanian misalnya, kami dorong bagaimana pertanian ini berbasis pada tekno pangan,ā€™ā€™ tuturnya.

Mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) itu menjelaskan di Bantaeng, Sulawesi Selatan, ada politeknik yang bergerak di bidang perikanan. Kemudian politeknik ini mengembangkan budidaya udang berbasis teknologi. Lalu dikerjasamakan dengan dunia industri. Kemudian Marine Science Techno Park Jepara juga terus mengembangkan teknologi perikanan untuk bisa dijual dan kerja sama dengan industri. (wan/jpg)

Update