Sabtu, 20 April 2024

Kerukunan Keluarga Masyarakat Bugis Bone di Kepri Nonton Bareng Film Maipa Deapati dan Datu Museng

Berita Terkait

batampos.co.id – Nonton Bareng (Nobar) gratis film Maipa Deapati dan Datu Museng yang Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Kerukukan Keluarga Masyarakat Bugis Bone (KKMB) Kepri di XXI Mega Mall Batam Centre, Senin (15/1) malam berjalan sukses dan semarak.

Sedikitnya tak kurang dari 250 pasang mata asal Bugis Makassar menyaksikan film Indonesia bergenre aksi drama kolosal yang mengangkat kisah cinta dalam sejarah kerajaan di Makassar, Sulawesi Selatan itu. Bahkan sebagian ada yang hanya sekadar berdiri dan duduk di tangga teater karena sudah tidak bisa tertampung di seat yang disediakan. Namun demikian, warga tetap antusias, dan tak bergeser dari tempatnya hingga acara nonton bareng batul-betul sudah selesai.

Selain itu, juga ada perwakilan dari komunitas Sulawesi Selatan di Kota Batam yang ikut menyaksikan nobar ini. Seperti,Ikatan Anak Bugis Rantau Batam (IKABRB), Kerukunan Keluarga Turatea (KKT) Kabupaten Jeneponto, Luwu Raya, Pinrang, Enrekang, dan Kerukukan Keluarga Masyarakat Bugis Bone (KKMB), Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), serta komunitas lainnya.

Ketua Ketua DPP KKMB Prov Kepri Sirajudin Nur mengaku sangat senang melihat antusias warga Bugis dan Makassar yang ada di Kota Batam menyaksikan film tersebut. “Kita berharap, kedepannya juga akan hadir film legenda yang mengisahkan tentang Lima Putra Bugis yakni Opu Daeng Parani, Opu Daeng Marewa, Opu Daeng Manambung, Opu Daeng Cellak, dan Opu Daeng Kamase saat menginjakkan kaki di zaman kerajaan Riau Lingga,” ungkap anggota DPRD Provinsi Kepri asal PKB ini.

Film yang digarap Syahrir Arsyad Dini atau dikenal sebagai Rere Art2tonic juga terasa nuansa sejarahnya. Film kolosal Maipa Deapati Datu Museng karya Paramedia Indonesia sendiri tayang perdana di seluruh bioskop tanah air sejak Kamis, 11 Januari 2018 lalu.

Sebelum Nobar digelar, juga akan diawali Jumpa Fans bersama Pameran Utama Wanita (Fildzah Burhan), sutrada Syahrir Arsyad Dini di Atrium Barat Mega Mall, Senin (15/1) pukul 14.45 hingga pukul 16.00. Setelah jumpa fans dilanjutkan dengan Nobar pukul 16.15 hingga pukul 18.30.

Pria yang biasa dipanggil Bang Siraj mengatakan, kegiatan juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahim antar masyarakat Bugis Makasar yg ada di Kepulauan Riau dan Batam khususnya.

Selain itu, juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia khususnya budaya Bugis Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya kepada masyarakat.

“Ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya tradisional Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Mari kita cinta warisan budaya negeri ini,” ajaknya.

Ia juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang ikut membantu suksesnya kegiatan nobar ini, khususnya Majelisna Ugie Kota Batam dan Ikatan Anak Bugis Rantau Batam (IABRB), tim Kepri Berkompang. Begitu juga dari KKSS Kota Batam yang juga ikut membantu suksesnya kegiatan. (jaq)

Update