Kamis, 25 April 2024

BKN Bentuk Perwakilan di Kepri

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memplot Provinsi Kepri sebagai daerah strategis untuk dibentuknya Kantor Perwakilan BKN, yakni Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD). Pemerintah Provinsi Kepri akan mengalokasikan lahan di Dompak, Tanjungpinang.

“Kita sudah menerima kedatangan Sekretaris Utama (Sesma) BKN. Topik diskusinya adalah terkait adanya keinginan BKN untuk membentuk perwakilan di Kepri,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, Rabu (17/1) di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang.

Ketua Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Baperjakat) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, untuk sementara ini, sekretariat UPTD BKN akan ditempatkan di lokasi Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepri yang terletak di Jalan DI. Panjaitan, Tanjungpinang. Menurut Arif, hadirnya Kantor Perwakilan BKN tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi Provinsi Kepri.

“Kita beruntung termasuk salah satu daerah yang didapuk dibentuknya UPTD BKN. Meskipun levelnya di bawah Regional,” papar Arif.

Meskipun demikian, peluang untuk menjadi BKN Regional akan sangat terbuka. Adapun manfaatnya untuk sekarang ini, adalah ketika adanya proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak lagi harus sibuk ke BKN di Regional ataupun pusat.

“Karena UPTD BKN yang dibentuk nanti, sudah bisa menghiger untuk pelaksanaan seleksi. Bukan hanya untuk Pemda saja, tetapi lintas Kementerian juga bisa memanfaatkan itu,” paparnya lagi.

Mantan Sekda Karimun tersebut menjabarkan, secara teknis UPTD BKN akan dilengkapi dengan perangkat Computer Assisted Test (CAT). Harapan Sekda dengan dibentuknya UPTD BKN di Kepri, kedepan bisa menjadi Kantor Regional. Sehingga Tanjungpinang bisa menjadi daerah tujuan diklat pegawai.

“Semua butuh proses, tentu untuk mencapai itu kita harus sama-sama menunjukan tekad kita. Jika itu terwujud, tentu Tanjungpinang akan lebih istimewa lagi,” tutup Sekda Arif.(jpg)

Update