Jumat, 29 Maret 2024

PDAM Rencanakan Kenaikan Tarif

Berita Terkait

Pengolahan air bersih milik PDAM Tirta Karimun di Desa Pongkar. F. Dok PDAM Tirta Karimun untuk Batam Pos

batampos.co.id – PDAM Tirta Karimun berencana menaikkan tarif air bersih menjadi Rp 1.200 per kubik. Namun wacana ini, masih dalam tahap pembahasan bersama anggota DPRD. Tujuannya, untuk peningkatan pelayanan air bersih maupun investasi dan pembenahan administasi.

Sehingga, tata kelolaannya lebih bagus dan profesional lagi yang secara otomatis perusahaan bisa sehat dan tumbuh. Sebab, PDAM Tirta Karimun ini bukan untuk mencari profit, tapi memberikan pelayanan publik ke masyarakat.

“Sekarang kwalitas air bersih tidaklah buruk sekali. Tapi masih layak dipergunakan, dengan kenaikan tarif maka akan dilakukan perbaikan kwalitas air bersih itu nantinya,” ungkapnya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Karimun M Yusuf Sirat ketika dikonfirmasi mengatakan, sangat mendukung rencana PDAM Tirta Karimun untuk menaikan tarif dasar air bersih kepada pelanggan. Sebab, sudah sekian lama tidak ada kenaikan tarif air bersih sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai lembaga esekutif kita mendukung. Sudah wajarlah naik tarif air PDAM Tirta Karimun, paling kisaran Rp1.800 atau Rp2000 per kubik bisalah,” singkatnya.

Selama tahun 2017, PDAM Tirta Karimun mencatat sebanyak 1.000 sambungan baru untuk wilayah Karimun, Moro, dan Kundur, dan Kundur Barat. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja PDAM Tirta Karimun sebagai pelayanan air bersih begitu tinggi.

Sementara total pelanggan PDAM mencapai 7.012 sambungan. Rinciannya, wilayah Pulau Karimun sekitar 4.835 sambungan, Kundur 863 sambungan, Moro 912 sambungan, dan Kundur Barat 402 sambungan.Ā (tri)

Update