Jumat, 29 Maret 2024

Bantuan Mengalir untuk Korban Banjir di Anambas

Berita Terkait

Bupati Kabupaten Anambas Abdul Haris didampingi wakilnya Wan Zuhendra dan Kapolres Anambas AKBP Junoto saat meninjau lokasi bekas banjir, Kamis (18/1). F. Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, didampingi Wakilnya Wan Zuhendra dan Kapolres Anambas AKBP Junoto, meninjau langsung seluruh daerah yang tertimpa banjir di dua Kecamatan di Pulau Jemaja yakni Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Kamis (18/1).

Seperti diketahui Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur bersama Kecamatan Siantan menjadi daerah yang paling parah diterjang Banjir sejak seminggu terakhir, dan pada Puncaknya Banjir merenggut dua Korban Jiwa di Kecamatan Siantan.

Belum diketahui berapa kerugian pada musibah tersebut namun ditaksir milliaran rupiah, menginggat sejumlah rumah warga roboh, ternak di Jemaja dan Jemaja Timur banyak yang mati, lalu dua rumah di Tarempa Kecamatan Siantan hanyut, tiga rusak parah belum lagi banyak prosperity yang hilang terbawa banjir.

Dihadapan masyarakat yang tertimpa musibah Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, terus memberikan motivasi agar masyarakt sabar dan tabah menghadapi cobaan yang terjadi. “Kita semua tidak ingin musibah ini terjadi untuk itu kita harus sabar menjalankannya,” kata Haris Kamis (18/1)

Haris, mengatakan, pihaknya sesegara mungkin memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah. Haris Juga meminta kepada masyarakat untuk mendata kerusakan yang terjadi akibat bencana ini. “Para UPT, agar mendata kerusakan yang terjadi agar bantuan dapat diberikan dan tepat sasaran,” ujarnya.

Afrizal, Tim Tagana Yang berada di Kecamatan Jemaja mengatakan, hingga saat ini bantuan masih terus bedatangan dan terus disalurkan kepada masyarakat yang tertimpa musibah. “Alhamdulillah bantuan terus disalurlan kepada masyarakat yang membutuhkan sumbangan masyarakat Anambas yang berada di luar, serta mahasiswa terus disalurkan. Hari ini selain makanan juga memberikan bantuan berupa popok bayi dan laninya karena memang sangat di butuhkan,” ungkapnya lagi.

Dikelurahan Tarempa sendiri bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah juga terus mengalir, Posko bantuan dan Dapur Umum yang dibuka oleh Kelurahan Tarempa terus membantu masyarakat.

Dari Pantauan di lapangan terlihat masyarakat hilir mudik datang ke Posko sekedar untuk meminta aqua dan makanan siap saji yang disiapkan. Bahkan Lurah Iing Sumindar, bersama sejumlah staf kelurahan menginap di Posko mengingat masyarakat terus saja berdatangan. “Masyarakat terus berdatangan untuk meminta bantuan seperti pakaian makanan, air bersih dan dapat dilayani dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, bencana tak henti menerpa warga Kabupaten Kepulauan Anambas. Setelah banjir besar di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur yang disertai dengan sejumlah tanah longsor, kini banjir yang lebih dahsyat menerpa pusat kota Tarempa.

Sedikitnya ada 15 dari 16 RT yang ada di kelurahan Tarempa terkena dampak dari banjir tersebut. Data awal sekitar 300 rumah terendam banjir. Namun setelah diteliti sekitar 800 rumah yang terendam banjir. Bahkan banjir tersebut memakan dua korban nyawa. Satu korban atas nama Lince (31) warga RT 01 RW 02 Kampung Baru Tarempa dan satu korban lainnya Baharuddin (66) warga Jalan Raden Saleh Tarempa. (sya)

Update