Wisatawan Tiongkok tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar mengatakan dua maskapai penerbangan siap melayani 62 penerbangan dari dan ke Tiongkok menuju Pulau Bintan melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

“Sedang dibahas bersama Kementerian Pariwisata bersama Kementerian Hukum dan HAM. Akhir Januari sudah mulai dan sekurangnya 62 penerbangan langsung Tiongkok – Bintan pada tahun 2018,” ungkap Buralimar kepada Batam Pos, Kamis (18/1) lalu.

Dua maskapai itu yakni maskapai lion air untuk 50 penerbangan pulang pergi (pp) dan maskapai citilink untuk 12 penerbangan pulang pergi yang melayani penerbangan dari dan ke Tiongkok menuju Tanjungpinang.

“Itu penerbangan carter, kami berharap penerbangan reguler di masa yang akan datang agar makin banyak turis tiongkok ke Pulau Bintan,” katanya.

Menurutnya, turis yang dibawa untuk sekali penerbangan sekitar 100 orang dan jika sekurangnya 62 penerbangan, turis tiongkok yang berlibur ke pulau bintan diprediksi sekitar 6.200 turis. “Ledatangan turis tiongkok akan mengenjot angka kunjungan turis di Kota Tanjungpinang, karena pintu masuknya mereka melalui bandara RHF,”
jelasnya.

Meski mengenjot angka kunjungan turis di Kota Tanjungpinang, namun turis itu juga akan ikut mendongkrak angka hunian hotel dan resort di Bintan, khususnya Lagoi karena, turis yang berlibur ke pulau Bintan merupakan turis asal daratan Tiongkok dan mereka umumnya berlibur ke Bintan untuk mencari pantai dan laut. “Lagoi menjadi destinasi utama mereka. Rencananya empat hari, dua hari di Bintan dan tanjungpinang,
lalu ke Singapura tapi nanti kembalinya ke Tiongkok melalui bandara di
Tanjungpinang lagi,” tukasnya. (met)

Respon Anda?

komentar