Kamis, 18 April 2024

Panen Perdana Kakap Putih 500 Ekor

Berita Terkait

36 Anak di LPKA Terima Remisi

Putin Imbau Iran Menahan Diri

Perusahaan Wajib Prioritaskan Pencaker Lokal

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat memanen kakap putih di Durai. F. Humas Pemkab Karimun untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan panen perdana ikan kakap putih bantuan pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan di Kecamatan Durai, Jumat (19/1) kemarin. Sebanyak 500 ekor dengan berat 450 kilogram berhasil dipanen dua dari 23 kerambah yang ada.

Kakap putih hasil panen dihargai 70 ribu perkilogram jika beli di tempat. Sedangkan Rp80 ribu perkilogram kalau diantar ke tempat.

“Budidaya ikan kakap putih suatu hal yang sangat menjanjikan. Karena pasar kita di Batam khususnya sangat siap menampung untuk budi daya kakap putih,” ungkap Bupati di sela panen.

Untuk bibit ikan kakap putih diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Tahap awal, Pemerintah Karimun menggratiskan bantuan bibit ikan kakap putih. “Setelah berkembang, mereka harus diwajibkan membeli,” tutur Bupati.

Kelompok Usaha Bersama ini, juga menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri berupa Kerambah Jaring Apung (KJA). Dan tidak hanya bibit kakap yang di kelola oleh KUB, tetapi ada juga lele, dan udang. Masing-masing bertempat di Moro, Kundur, dan Pulau Manda.

“Khusus lele, kita pasarkan hingga ke Kota Batam, Guntung, dan Kuala Tungkal,” bebernya.

Usai panen ikan, Bupati bersama rombongan dengan didampingi Camat Durai Agung Jati Kusuma, melakukan sidak ke Puskesmas Durai. Diketahui, Puskesmas Durai sudah memiliki satu orang dokter yang berasal dari Medan. Hanya saja masih kekurangan ruang untuk rawat inap. “Ke depan, untuk Puskesmas Durai akan dilakukan pembangunan. Kantor yang mungkin kita pindahkan ke belakang, dan ditambah ruang rawat inap,” katanya. (enl)

Update