batampos.co.id – Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, M Hanif Dakiri meresmikan Liga Pekerja Indonesia (LPI), Sabtu (20/1) di Gelora Citra Mas Kabil, Nongsa. LPI berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

BPJS Ketenagakerjaan juga sangat mendukung diselenggarakannya liga ini.
Dalam sambutannya Menteri Tenaga Kerja RI, M Hanif Dakiri, LPI ini digelar diseluruh provindi. “Terbagi dalam delapan zona. Tiap provinsi diikuti maksimal 16 tim,” katanya, Sabtu (20/1).

Pemenang dari LPI Provinsi akan mengikuti kualifikasi zona regional. Setelah itu akan bertanding di babak delapan besar nasional. “Yang akan memperebutkan Piala bergilir presiden,” ucapnya.

Babak final LPI akan digelar bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Internasional, 1 Mei mendatang. Gelaran LPI ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan
produktifitas pekerja serta perusahaan. Selain itu LPI diharapkan sebagai sarana meningkatkan hubungan industrial yang kondusif

“Penyelenggaraan Liga Pekerja Indonesia merupakan momentum yang tepat dalam menyambut May Day tahun 2018, dengan menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan,” ucapnya.

Nantinya saat may day, tidak hanya Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) saja yang merasakan kegembiraan. Tapi pengusaha dan pemerintah dapat menikmati suasana yang penuh kegembiraan, damai dan positif saat may day.

“Jadikan ini momen kebersamaan bagi para pekerja, perusahaan. Diharapkan ada perubahan image peringatan may day di Indonesia,” tuturnya.

Hal yang senada diungkapkan oleh Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau, Budiono. Ia menilai kegiatan ini sangat positif, selain memberikan hiburan bagi masyarakat khususnya bagi pekerja atau buruh. Kegiatan ini juga sebagai salah satu cara meningkatkan pola hidup sehat melalui olah raga

“Sebagai salah satu cabang olahraga yang paling populer di Indonesia, sepakbola tidak hanya sekedar olahraga. Tetapi juga sebagai alat pemersatu bangsa, yang memperkuat jiwa kebangsaan, persaudaraan, kebersamaan. Sekaligus bisa meningkatkan pemersatu pekerja atau buruh” ungkap Budiono.

Dengan adanya kegiatan ini, Budi mengatakan para pekerja akan lebih merasa dihargai. Bila acara ini jadi even tahunan, pihak BPJS akan terus memberikan dukungan penuh. (ska)

Respon Anda?

komentar