Sabtu, 20 April 2024

Warga: Bikin Paspor di Mal, Sungguh Membantu

Berita Terkait

Warga melakukan pengurusan paspor di stan Imigrasi di pusat perbelanjaan Kepri Mall, Minggu (21/1). Pelayanan pengurusan paspor di laksanakan oleh Imigrasi kelai I Batam ini dalam rangka memperingati Bulan Bhaksti Imigrasi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Hari terakhir stand khusus permohonan paspor eletronik (E-paspor) di Atrium Kepri Mall kembali diserbu warga, Minggu (21/1). Bahkan Imigrasi juga membuka pelayanan e paspor Kantor Imigrasi di Batamcenter.

Anita, warga Tembesi mengaku cukup terbantu dengan adanya stand pembuatan paspor pada hari libur di mal. Selain berbelanja, ia pun bisa mengantre untuk pembuatan paspor, meski paspor yang dibuat khusus untuk E-paspor.

“Hari biasa saya kan kerja, pulangnya juga udah sore. Jadi tak pernah sempat buat paspor, padahal paspor lama sudah mati,” terang wanita yang saat itu datang bersama suaminya.

Meski merogoh kocek lebih dalam untuk E-paspor, namun menurutnya hal itu cukup membantu apalagi bagi pekerja yang tak bisa meninggalkan kantor. Keuntungan lain e-paspor juga tak memerlukan visa untuk ke beberapa negara, diantaranya Jepang.

“Biayanya memang sih dua kali lipat dari paspor biasa. Dari pada bikin paspor lewat calo, biayanya lebih tinggi dan dapat paspor biasa, mending E-paspor yang tak perlu daftar via Wa,” imbuh Anita lagi yang saat itu menunggu giliran untuk berfoto.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan kemarin (Minggu, red) adalah hari terakhir permohonan E-paspor di Keprimal. Karena di hari terakhir juga, pihaknya membuka layanan tambahan permohonan E-paspor di Kantor Imigrasi Batam Center.

“Kami ingin memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di hari terakhir dalam rangka hut bakti Imigrasi ke 68,” terang Lucky, kemarin.

Menurut dia, selama peringatan hari Bakti Imigrasi pihaknya telah menerima ribuan permohonan paspor yang telah dibuka sejak Desember 2017 hingga 21 Januari di Stand Khusus E-Paspor Kepri Mal.

“Sejak Desember, stand khusus ini kami buka pada hari weekend( Sabtu-Minggu). Sehari bisa melayani 150 permohonan. Jadi perkiraan sudah ribuan permohonan e-paspor, data pastinya saya belum dapat laporan,” imbuh Lucky.

 F Cecep Mulyana/Batam Pos

Pembuatan E-Paspor di Kepri Mal tak jauh beda dengan di Kantor Imigrasi Batam. Para pemohonan membawa persyaratan, jika lengkap dan memenuhi persyaratan maka pemohon akan langsung di foto.

“Selesainya, tiga hari sejak pembayaran. Pembayarannya langsung setor ke Bank,” jelas Lucky.

Disisi lain, Lucky tak menapik pemohon E-paspor di Stand Khusus Kepri Mal ada orang dari luar pulau Batam. Asal persyaratannya lengkap, E-Paspor bisa langsung diproses.

“Pelayanan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Jadi dimana pun asal persyaratan lengkap bisa buat paspor,” pungkas Lucky. (she)

Update