Jumat, 19 April 2024

Imigrasi Kunjungi Sekolah Berikan Sosialisasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep, Bugie Kurniawan bersama sejumlah petugas Imigrasi mengunjungi SMA Negeri 2 Dabo Singkep. Kedatangan rombongan memberikan sosialisasi keimigrasian. Kegiatan ini memperingati Hari Bhakti ke 68 Imigrasi.

“Kegiatan ini sesuai dengan panduan dari Direktorat Jendral Imigrasi dan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kepri. Ini salah satu rangkaian kegiatan peringatan hari jadi,” kata Bugie ketika ditemui setelah melakukan sosialisasi di SMA Negeri 2 Dabo Singkep, Selasa (23/1) pagi.

Pada sosialisasi kali ini, petugas Imigrasi memberikan pengertian terkait substansi Keimigrasian. Seperti memberikan pengetahuan terhadap produk dan wewenang Imigrasi di tengah-tengah masyarakat maupun program yang menjadi target.

Selain itu, sebanyak 43 siswa Kelas 12 yang mengikuti sosialisasi tersebut juga diberikan pengertian keberadaan Indonesia yang berdampingan dengan negara-negara lainnya. Ada negara yang mesti memerlukan visa ketika dikunjungi ada juga negara yang tidak memerlukan visa.

Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Dabo Singkep, Hendy Wijaya program ini sangat bagus untuk menambah wawasan pelajar. Dengan adanya kegiatan tersebut, membangkitkan keinginan pelajar untuk berkiprah di dunia keimigrasian jika selesai sekolah nanti.

“Ada anak yang telah bertanya terkait sekolah Politehnik Imigrasi. Dia mengaku berkeinginan menjadi petugas Imigrasi,” kata Hendy.

Selain melakukan sosialisasi, Kantor Imigrasi kelas III Dabo Singkep juga menggelar sejumlah kegiatan. Dalam bidang olah raga mereka menggelar turnamen tenis meja dan jalan santai yang diikuti seluruh pegawai. Mereka juga menggelar kegiatan sosial yakni gotongroyong di rumah ibadah dan memberikan sumbangan ke panti jompo dan pesantren.

“Pelayanan keimigrasian tetap berjalan. Khusus pada peringatan kali ini, petugas menggunakan pakaian adat,” kata Bugie.

Ditanya terkait pelayanan yang berhenti beberapa hari terakhir, Bugie menjawab dalam pekan depan kantor Imigrasi Dabo Singkep telah beroperasi kembali melayani pembuatan dan perpanjangan paspor setelah Direktorat Sistem dan Tehnologi Informasi Keimigrasian melakukan instalasi server baru. (wsa)

Update