Sabtu, 20 April 2024

Hari Ini, 78 Bangunan di Atas ROW Jalan Ditertibkan

Berita Terkait

Sejumlah bangunan kios yang berada di Simpang Koin Batamcenter sebagian sudah di bongkar oleh pemiliknya, Rabu (24/1). Belasan kios yang bearda di kawasan tersebut akan di tertibkan oleh tim terpadu Pemko Batam. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Tim terpadu kembali menertibkan bangunan di atas Right Of Way jalan, Kamis (25/1) hari ini di pinggir Jalan Laksamana Bintan dari simpang Gelael ke Simpang Frengky.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Batam Imam Tohari menyebutkan, dalam penertiban kali sedikitnya ada 78 bangunan yang ditertibkan. Sepeerti rumah lira (ruli), kios liar juga pagar bangunan.

“Lokasi ini lumayan banyak, karena banyak ruli dan dan kios itu,” kata Imam.

Menurutnya, sebelum melakukan penertiban pihaknya telah melalui mekanisme yang berlaku, dari peringatan satu hingga tiga. Dengan demikian, penertiban dapat dilakukan tanpa ada lagi protes tidak diberitahu seblumnya.

“Mekanismenya sudah kami lewati, bahkan sosialisasi kami sudah lakukan. Tinggal bongkar saja,” imbuhnya.

Imam mengatakan, pendekatan ini merupakan arahan dari Wali Kota Batam Muhamamad Rudi. dalam arahannya walikota, kata Imam, Satpol PP Batam dan tim terpadu diminta untuk menghindari gesekan fisik. “Inikan bukan hanya untuk keperluan pemerinta, tapi kan untuk masyarakat banyak. Kami harap tidak ada masalah dari warga,” harapnya.

Ia menyampaikan, tahapan penertiban merupakan pembebasan lahan untuk keperluan pelebaran jalan yang telah diprogramkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. sebelumnya, pada Selasa (23/1) pihaknya telah menertibkan bangunan di ruas Jalan Haji Fisabillah atau depan Edukit dari Simpang Fly over ke Simpang Gelael, dilokasi ini ada sekitar 11 bangunan yang dirobohkan.

“Nanti tanggal 30 Februari kita lanjut tertibkan kios-kios di belakang Novotel Hotel yang dekat Terminal Jodoh. Yang ini ada 34 bangunan,” ungkapnya. (adi)

Update