Kamis, 28 Maret 2024

Karimun Dapat Bantuan 100 Ribu Benih Kakap Putih

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Kadis Perikanan berdialog bersama Kepala BPBL Batam drh Toha. F. Humas Pemkab Karimun untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Kabupaten Karimun bakal memperoleh bantuan 100 ribu benih kakap putih yang dialokasikan Direktorat Jendral (Ditjen) Perikanan untuk Provinsi Kepri tahun 2018. Di mana, benih kakap putih itu diserahkan kepada lima Kelompok Usaha Bersama (KUB). Masing-masing, KUB Niur Mandiri (Moro), KUB Macan Jaya Maju (Moro), KUB Sandam Jaya (Durai), KUB Melati Jaya (Durai), dan KUB Sumber Rezeki (Buru).

Hal ini disampaikan Bupati Karimun Aunur Rafiq di sela-sela berkunjung ke Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Kota Batam, Kamis (24/1). Kedatangan Bupati dengan didampingi Kepala Dinas Perikanan Ruffindy Alamsjah, dalam rangka penguatan penyediaan benih ikan air laut. Termasuk, peningkatan sarana dan prasarana serta pendampingan.

“Kita bersyukur memperoleh bantuan 100 ribu benih ikan kakap putih dari Ditjen Perikanan. Ini tentu bisa menjadi modal bagi pembudidaya untuk memperluas pangsa pasar yang sebelumnya sudah menembus pasar Batam,” ungkap Rafiq.

Selain menyediakan benih ikan kakap putih, Bupati meminta kepada Ditjen Perikanan untuk turut menerjunkan tenaga teknis pembibing secara kontinyu. Sehingga pengelolaan budidaya ikan kakap putih dapat lebih dioptimalkan.

“Tenaga penyuluh lapangan untuk budidaya ikan kakap putih ini sangat kita perlukan. Selain untuk meningkatkan skill petani, juga mengoptimalkan pengelolaan budidaya ikan kakap ini,” harap Bupati.

Sebagai tindaklanjut, Bupatimengundang Kepala BPBL Batam untuk ke Karimun. Selain bisa melihat langsung budidaya ikan kakap putih yang ada di Karimun, sekaligus dapat memberikan masukan yang tepat kepada stakeholder.

“Kepada Kepala Dinas Perikanan saya meminta mempelajari MoU yang telah berjalan antara BPBL Batam dengan kabupaten/kota. Selanjutnya dilaksanakan di Kabupaten Karimun,” tegas Bupati.

Kepala BPBL Batam drh. Toha Tusiadi membenarkan, jika Ditjen Perikanan telah mengalokasikan 500 ribu benih ikan kakap putih untuk wilayah Provinsi Kepri. Sebanyak 100 ribu benih, diperuntukkan Kabupaten Karimun.

“Tahun 2018, Kabupaten Karimun bakal memperoleh 100 ribu benih ikan kakap putih dari Ditjen Perikanan. Bahkan angkanya bisa lebih seandainya ada daerah yang enggak mengambilnya,” bebernya.

Dikatakan Toha, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam merupakan Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perikanan Budidaya. Tugas pokok dan fungsinya, melakukan Uji terap teknik, dan kerjasama, produksi, pengujian kesehatan ikan, dan lingkungan. Termasuk melakukan bimbingan teknis. (enl)

Update