Sabtu, 20 April 2024

Lima Jabatan Bisa Kosong Tahun Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Lima jabatan utama di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang bisa kosong tahun ini. Hal ini terjadi lantaran empat pejabatnya akan masuk masa pensiun dan satu lagi  jikalau dinyatakan lolos seleksi terbuka di pemerintahan lain.
Empat pejabat yang akan purna jabatan tahun ini adalah Kepala Dinas Kominfo Efiyar M Amin, Kepala Inspektorat Rosita, Kepala Dinas Pajak dan Retribusi Adnan, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan. Lalu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Juramadi Esram yang santer dikabarkan lolos dalam seleski terbuka jabatan Sekretaris Daerah di Kabupaten Lingga.
Hal ini yang kemudian menjadi pikiran Sekda Tanjungpinang Riono. Bagaimana tidak. Pasalnya, kini Tanjungpinang sedang dipimpin penjabat wali kota yang secara aturan tidak dibenarkan melakukan pelantikan jabatan definitif. Maka bisa saja kekosongan lima jabatan utama ini sampai menunggu wali kota terpilih.
“Karena sudah jelas, penjabat tidak punya wewenang untuk melantik. Kecuali rekomendasi,” ujar Riono.
Namun, keadaan ini bukan suatu masalah yang tanpa solusi. Riono menyebutkan, ia akan berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri agar bisa ada rekomendasi pelantikan sebagaimana ketika delapan pejabat eselon III beberapa waktu lalu yang pelantikannya melewati batas semestinya.
“Kalau memang dalam dua atau tiga minggu ini rekomendasi yang diusulkan keluar, penjabat bisa melakukan pelantikan kan boleh saja,” ujar pria berkacamata ini.
Meski tak dapat langsung mencari pengganti para pejabat yang akan berakhir di 2018 ini, Riono merencanakan pemilihan pengganti pejabat tetap dilangsungkan melalui seleksi terbuka terlebih dahulu.
“Kalau open bidding kan boleh saja. Tapi tunggu semua selesai masa jabatan baru kita langsungkan. Karena mereka berakhirnya memang tak serentak,” pungkasnya. (aya)

Update