Jumat, 19 April 2024

Lebih Awal Membeli Pernak Pernik Anjing Tanah

Berita Terkait

Sejumlah warga Tionghua di Tanjungbatu mulai berburu pernak pernik Imlek yang bertemakan anjing tanah di toko milik Onga di jalan Jenderal Sudirman. F. Imam Soekarno/Batam Pos.

batampos.co.id – Dua pekan menjelang perayaan tahun baru Imlek 2569, sejumlah masyarakat Tionghoa di Tanjungbatu mulai memburu pernak pernik, dan kebutuhan Imlek. Bahkan sejumlah warga mengaku lebih awal membeli pernak pernik anjing tanah yang menjadi simbul shio pada perayaan tahun baru Imlek 2018 ini.

Hal itu dibenarkan Onga pedagang pernak pernik kebutuhan Imlek yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Tanjungbatu Kota. Perayaan Imlek tahun ini sedikit berbeda pada tahun sebelumnya. Bahkan jauh-jauh hari banyak warga yang membeli pernak pernik Imlek sejak awal. “Yang banyak dicari warga, selain angpao bergambar shio anjing tanah, lampion, juga hiasan pintu rumah seperti nanas, serta boneka kucing dan bunga bambu,ā€ kata Onga, Selasa (30/1) kemarin.

Lebih lanjut dikatakan setiap tahun ia menyediakan berbagai pernak pernik Imlek dari harga yang termurah Rp 5.000 sampai jutaan rupiah. Perayaan tahun baru Imlek pada tahun ini Onga mengaku lebih banyak menyediakan stok pernak pernik yang bertemakan anjing tanah. Hanya saja dari keterangan beberapa pembeli mengaku lebih awal membeli khawatir kehabisan stok. “Soal harga, kita pastikan terjangkau. Karena banyak pilihan dan juga berbagai ukuran stoknya cukup,” tutur Onga.

Onga juga menjelaskan terkait karakteristik anjing yang menjadi shio perayaan Imlek 2569, dikatakan anjing tanah memiliki sifat loyalitas mereka tidak akan pernah meninggalkan teman, keluarga atau pekerjaan mereka. Selain itu karakter anjing tanah juga jujur dan adil, sehingga bagi shio Anjing meramalkan bahwa tahun 2018 merupakan tahun penuh konsentrasi dan kekuatan tekad yang bulat. Hal itu sesuai dengan pengetahuan yang pernah kami pelajarai dan baca dari beberapa sumber.

Ati, 53 seorang warga mengaku ia membeli pernak pernik Imlek lebih awal selain banyak pilihan juga untuk mempersiapkan diri agar tidak kehabisan stok. Diakuinya jika membeli sudah dekat perayaan Imlek kawatir tidak dapat membeli sesuai dengan kinginan. Saat ini yang ia beli selain angpao, hiasan dinding bergambar anjing tanah sebagai lambing shio tahun baru Imlek 2569. (ims)

 

Update