Sebanyak 2.200 lampion hiasi jalan besar sawang Kota sepanjang satu kilometer semarakan perayaan tahun baru Imlek 2569. Foto: Jhoni untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Suasana perayaan Imlek 2569 mulai terasa di Kundur Barat. Menyusul sebanyak 2.200 lampion menerangi jalan Sawang Kota yang dipasang kelompok masyarakat Kundur Barat yang menamakan diri Bro Sawang.

Keindahan lampion di malam hari, menjadi daya tarik bagi warga yang melintasi jalan sepanjang satu kilometer tersebut. Tidak sedikit yang mengabadikan momen tersebut dengan berselfiria.

“Pemasangan 2.200 lampion ini, berlangsung selama satu bulan hingga awal Maret,” terang Ketua Panitia, Jhoni, Kamis (1/2) kemarin.

Dikatakan, pemasangan lampion merupakan yang pertama kali dalam rangka menyemarakkan tahun baru Imlek 2569. Ini berkat kerja keras, dan semangat seluruh warga Tionghua.

“Pemasangan lampion ini dibutuhkan persiapan selama satu bulan. Untuk menghasilkan kualitas yang bagus, lampion kita datangkan langsung dari negeri China, kami berharap agar tidak ada pemadaman listrik,” ujar Jhoni.

Tahun baru Imlek 2569 dengan lambang shio anjing tanah, warga berharap diberikan kesehatan, kedamaian, dan sukses dalam berbagai wirausaha. Selain itu tujuan dengan pemasangan lampion untuk memperkuat tali persaudaraan dan persatuan warga Thionghua juga masyarakat Kundur Barat pada umumnya.

Pantauan di lapangan, dua pekan menjelang perayaan Imlek, masyarakat Tionghua mulai melakukan berbagai persiapan. Seperti membersihkan rumah, pagar, mengecat serta memasang pernak-pernik Imlek dengan ciri khas warna merah terang.

Sejumlah pertokoan juga mulai menjual pernak pernik khas Imlek tidak ketinggalan pedagang minuman kaleng, kue kering, bunga, hingga toko pakaian. Semuanya bersiap menyambut perayaan tahun baru Imlek. (ims)

Respon Anda?

komentar