Iklan
Jupiter Aerobatic Team (JAT) menampilkan manuver di kawasan udara Tanjungpinang, Kamis (1/2). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Tim aerobatik TNI Angkatan Udara, Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau tim Jupiter siap menampilkan kebolehannya bermanuver di udara pada pentas internasional yakni Singapore Airshow pada tanggal 6 hingga 9 Februari 2018 mendatang.

Iklan

Namun sebelum ke Singapura, JAT dengan membawa tujuh pesawat latih KT-1B Woong Bee berkesempatan bermanuver di kawasan udara Tanjungpinang dan menyinggahi Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Kamis (1/2).

Mission Commander JAT, Marsekal Pertama Novyan Samyoga mengatakan sebelum mengikuti iven dirgantara terbesar di Asia tersebut, timnya telah melakukan persiapan manuver dan latihan membentuk formasi dengan menyinggahi beberapa kota di Indonesia.

“Tim kami berangkat dari Yogyakarta, lalu ke Halim Perdana Kusuma, Palembang dan terakhir singgah di Tanjungpinang dan langsung ke Singapura,” katanya.

Menurutnya, JAT bukan hanya sekadar memenuhi undangan dari Singapura, namun juga untuk menunjukkan kemampuan TNI AU di bidang penerbangan maupun dalam mengendalikan dan mengoperasionalkan teknologi dirgantara.

“Tampilnya JAT membawa nama bangsa dan negara, kami berharap mendapat dukungan masyarakat agar dapat menampilkan yang terbaik untuk Indonesia,” katanya.

Novyan menambahkan, pada Singapore Airshow nantinya JAT akan menampilkan beberapa manuver yakni Hard Manuver, Jupiter Roll, Rick Off dan menampilkan formasi yakni 15 formasi untuk High Show dan 14 formasi untuk Low Show.

“Tim Jupiter juga akan menampilkan manuver baru yang khusus akan ditampilkan pada Singapore Airshow nanti,” pungkasnya. (odi)