Pembangunan Puskesmas Tanjunguncang, Batuaji sudah rampung dikerjakan, Selasa (30/1). Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Masyarakat kelurahan Tanjunguncang, Batuaji boleh berbangga hati, sebab Puskesmas yang mereka idamkan akan segera beroperasi. Puskesmas Tanjunguncang yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam di simpang PT Batamec tersebut sudah rampung dan rencananya akan segera beroperasi di bulan Februari ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan perlengkapan dan petugas medis untuk ditempatkan di Puskesmas tersebut.

“Tanggal 12 Februari sudah soft opening. Dalam bulan ini sudah bisa beroperasi,” ujar Didi, Kamis (1/2).

Untuk tahap awal Puskesmas tersebut akan ditangani petugas medis dari Puskesmas-Puskesmas terdekat lainnya. Itu karena petugas medis tetap di Puskesmas tersebut belum ditentukan.

“Yang penting segera beroperasi. Petugas tetapnya akan segera kami pikirkan,” kata Didi lagi.

Begitu juga dengan perlengkapan medis, kata Didi, jika masih ada kekurangan maka pihaknya akan meminjam perlengkapan medis di Puskesmas-Puskesmas lain terdekat.

“Belum langsung komplit semuanya. Makanya untuk permulaan ini belum bisa terima pasien rawat inap. Nanti kalau petugas dan peralatan sudah lengkap semua baru bisa (terima pasien rawat inap),” kata Didi.

Namun demikian Didi berharap warga tetap berbesar hati sebab, segalah kekurangan itu secera bertahap akan dilengkapi pihaknya sehingga, Puskesmas tersebut sepenuhnya akan melayani seluruh kebutuhan medis masyarakat setempat.

“Itu tetap. Tujuan Puskesmas untuk melayani (kesehatan) masyarakat. Harus itu tapi butuh waktu karena ada tahapan prosesnya,” ujar Didi.

Seperti diketahui pertengahan tahun 2017 lalu, Pemko Batam mengucurkan anggaran sekitar Rp 6 miliar untuk membangun Puskesmas tersebut. Gedung Puskesmas tersebut dibangun oleh PT Putera Lingga selaku pihak kontraktor dan akhir tahun 2017 sudah rampung. Saat ini gedung Puskesmas yang berdampingan dengan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pemko Batam di Tanjunguncang sudah berdiri kokoh dan megah. Gedung Puskesmas itu terdiri dari dua gedung utama dan gedung bagian depan yang merupakan gedung rawat inap berlantai dua.

Rampungnya pembangunan gedung Puskesmas itu disambut baik masyarakat Tanjunguncang. Masyarakat berharap agar Puskesmas tersebut secepatnya beroperasi agar seluruh kebutuhan pelayanan medis masyarakat dapat terlayani dengan baik.

“Selama ini di Pustu (Puskesmas Pembantu) kami berobat itupun hanya rawat jalan. Semoga secepatnya beroperasi agar tidak jauh-jauh lagi kami cari rumah sakit,” kata Arianti, penghuni rusunawa Pemko Batam di Tanjunguncang. (eja)

Advertisement
loading...