Iklan

batampos.co.id – Syahbandar Sekupang, Trino Palapa waspadai cuaca buruk yang tengah melanda perairan Indonesia, termasuk Batam.

Iklan

“Kemarin sudah ada edaran dari Kemenhub terkait cuaca buruk ini,” sebut Trino, Kamis (1/2).

Ia menyebutkan dalam edaran tersebut, kekuata ombak di perkirakan mencapa 4-6 meter. Untuk perairan di Sekupang sendiri, pria asal Solok ini mengungkapkan belum ada kendala, meskipun begitu pihaknya tetap meminta seluruh nahkoda waspada cuaca Batam yang sering berubah-ubah.

Trino menyebutkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, cuaca Batam kerap buruk jelang perayaan imlek berlangsung. Ia menjelaskan curah hujan yang cukup tinggi menjadi salah satu yang diperhatikan.

Sebagai instansi yang mengeluarkan kebijakan kapal yang hendak berlayar, pihaknya memiliki tanggung jawb yang tinggi. “Intinya kami akan meningkatkan kawaspadaan pelayaran, demi keselamatan penumpang,” sebutnya.

Disinggung mengenai arus balik imlek, ia menambahkan tidak ada persiapan khusus, namun karena Batam menjadi salah satu yang cukup ramai saat imlek. Pihaknya akan memfokuskan pada keselamatan penumpang.

“Alat keselamatan salah satu yang penting, selain itu jangan ada kelebihan penumpang,” terangnya.

Ia memperkirakan puncak arus balik akan terjadi lima hari jelang perayaan imlek 16 Februari 2018 mendatang. “Tujuan paling ramai tetap Selatpanjang, untuk itu kami juga sudah berkoordinasi dengan operator hingga nahkoda kapal,” tutupnya.(yui)