Sejumlah penari membawakan tari zapin pada Festival Pulau Penyengat tahun lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Tanjungpinang memastikan penyelenggaraan Festival Pulau Penyengat (FPP) 2018 ini berlangsung lebih semarak. Pasalnya, pada festival sepanjang 14-18 Fabruari ini akan diselenggarakan peringatan HUT Pulau Penyengat.

Tak hanya itu saja, pada gelaran festival tahun ini juga akan diperbanyak beragam perlombaan agar helatan semakin semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin menjelaskan ada beberapa rangkaian kegiatan lomba yang akan disajikan.

“Seperti lomba berzanzi, lomba membaca Gurindam XII, lomba kompang dewasa klasik, lomba kompang kreasi remaja, lomba syarhil Gurindam XII, lomba busana melayu kreasi, lomba fotografi, lomba bazar kuliner khas Melayu, lomba fashion carnival, lomba lagu Melayu,” ungkap Kholidin, kemarin.

Ditambah lagi, sambung Kholidi, beragam perlombaan tradisional semacam lomba pankak gasing, lomba sampan dayung, becak hias, lomba nambat itik dan lomba pukul bantal. “Keseluruhan perlombaan ini akan dilaksanakan di Penyengat. Rangkaian kegiatan ini, tentunya akan memanjakan mata wisatawan dan menyemarakkan perayaan Hari Jadi Penyengat tahun 2018,” paparnya.

Sementara itu, bagi Sekda Kota Tanjungpinang, Riono, hajatan pelaksanaan FPP merupakan upaya kreatif Pemko Tanjungpinang dalam meningkatkan kunjungan wisata ke ibu kota Provinsi Kepri. Sejauh ini, dari dua kali gelaran sebelumnya, menunjukkan adanya peningkatan kunjungan wisata mancanegara, walau memang belum memunjukkan angka signifikan.

“Itulah mengapa juga kami sudah masukkan FPP ini kalender pariwisata Tanjungpinang,” ungkap Riono.

Riono juga menginginkan agar FPP sepanjang pekan di pertengahan bulan ini bisa memberi rangsangan perputaran ekonomi bagi masyarakar Tanjungpinang. Karena itu, momentum festival semacam ini perlu disambut dengan kreatif dan antusias. “Jadi sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui. Efek pariwisatanya dapat, manfaat ekonominya juga,” pungkas Riono. (aya)

Respon Anda?

komentar