Seorang pegawai Kecamatan Batuampar sedang melayani perekaman e-KTP, Jumat (24/2). Meskipun blangko kosong namun pelayan pembuatan e-KTP masih ramai dikunjungi warga yang akan melakukan perekaman. F Cecep Mulyana-Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk-capil) Kota Batam mulai

Iklan

mendata jumlah pemilih pemula yang akan berpartisipasi di Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang.

Kepala Disduk-capil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan pendataan sudah di mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan. Selain mendata mereka yang sudah siap memilih, pihaknya juga akan mengebut perekaman mereka yang berusia 17 tahun di April 2019 mendantang.

“Informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pemilihan akan dimulai tanggal 17 April, jadi kita akan usahaka mereka merekam terlebih dahulu,” jelas Said.

Ia menambahkan, Disdukcapil akan membantu KPU dalam data pemilih nanti. Beberapa waktu lalu KPU juga sudah meminta KPU untuk mengecek DPT yang digunakan tahun 2014 lalu.

“Ada ribuan nomor KK yang mereka minta bantu untuk diselesaikan,” imbuhnya.

Ia mengungkapan pembahasan persiapan Pileg ini akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) yang akan dihadiri sedikitnya 1.600 perwakilan Disdukcapi se Indonesia di Hotel Harmoni One, 7 Februari 2018.

“Pembahasan utamanya ini, namun kami juga akan menyampaikan kekurangan blanko yang masih banyak,” ucap Said.

Dia berharap sebelum Pileg berlangsung, seluruh tumpukan pengajuan pencetaka Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bisa terselesaikan, sehingga masyarakat ikut menyukseskan pemilu.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, Agus Setiawan mengatakan selain persiapan PPk dan PPS, pihaknya juga tengah menyusun Daftar Pemilih Tetap yang ada di Pemilu sebelumnya.

“Kemarin kami sudah bertemu Disdukcapil, dan mereka sangat membantu kami, terutama nanti untuk pemilih pemula,” sebutnya.(yui)