Pilwako Pinang

batampos.co.id – Jelang hari penggunaan hak suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Juni mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menghimbau warga Tanjungpinang untuk segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Himbauan juga diarahkan kepada Pemerintah Daerah, agar mampu mengajak warga Tanjungpinang untuk melakukan perekaman sebelum Pilkada berlangsung.

“Dengan telah melakukan perekaman saja, masyarakat sudah dapat menggunakan hak suaranya nanti,” terang Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria (5/2) kemarin.

Menurut Robby, masyarakat yang telah melakukan perekaman akan menerima Surat Keterangan (SUKET) sehingga memungkinkan pemegangnya untuk dapat menggunakan hak suara pada hari pemilihan nanti.

SUKET merupakan jalan lain, bagi warga Tanjungpinang yang belum memegang KTP Elektronik. Berhubung Peraturan KPU, hanya membenarkan dua identitas ini saja yang dapat menggunakan hak suaranya pada pilkada 2018 ini. “Makanya kami menyarankan masyarakat setidaknya melakukan perekaman secepatnya,” sambung Robby.

Sementara itu, Robby meyakini tak akan terjadi pencetakan SUKET oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. “Karena Disduk nanti keluarkan SUKET pakai barcode. Jadi mengenai SUKET sudah kami percayakan pada pemda. Ini juga atas arahan dari Mendagri,” tutur Robby. (aya)

Respon Anda?

komentar