ilustrasi

batampos.co.id – Sejumlah warga Batam masih mengeluhkan adanya calo paspor yang berkeliaran di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Batamcenter. Bahkan untuk satu paspor biasa dibandrol dengan harga Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta.

“Ada yang nawarin buat paspor cepat. Tapi kasih Rp 700 ribu, bukan petugas sepertinya calo. Ketemunya di depan Kantor Imigrasi,” aku Anita warga Batuaji.

Bahkan temannya, pernah ditawari pembuatan paspor biasa dengan harga Rp 1 juta dan selesai satu minggu. Alasan pembuatan paspor mahal karena sebagian uang diberikan untuk petugas.

“Katanya untuk petugas, makanya mahal. Jadi yang urus dia semua, kita tinggal datang untuk foto,” ujar Anita lagi.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Lucky Agung Binarto membantah adanya calo di wilayah kepemimpinannya. Menurutnya, permohonan paspor sudah tersistem dengan baik, diantaranya pendaftaran hanya lewat Whatsaap (WA).

“Tidak ada calo. Bahkan kami sekarang sedang dibully para calo yang sudah mulai terusik,” ujar Lucky.

Menurutnya, para calo menginginkan sistem permohonan paspor kembali seperti yang dulu. Namun, hal itu tak dilakukan oleh Imigrasi Batam, karena menilai sistem pembuatan paspor saat ini sudah tenang dan stabil. Warga yang ingin membuat paspor wajib mendaftar terlebih dahulu ke nomor WA Imigrasi. Pesan yang dikirimkan pun hanya boleh dilakukan sekali sehari untuk satu nomor dan satu identitas diri.

“Mereka secara sistematis mendiskreditkan kami dan mereka menginginkan proses seperti dulu. Intinya bisa bebas berkeliaran, sekarang tak bisa lagi,” imbuh Lucky.

Karena itu, Lucky meminta agar semua pihak tidak terpancing dengan berita yang menyesatkan dan tak sesuai fakta.

“Mohon tidak terpancing berita yang menyesatkan dan selalu kami selalu menerima masukan,” pungkas Lucky. (she)

Respon Anda?

komentar