Suasana sore Pulau Dompak Tanjungpinang, kamis (2/10). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terus berupaya untuk menggesa percepatan pembangunan Pulau Dompak, Tanjungpinang. Terkait keinginan tersebut, Pemprov sudah membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pulau Dompak.

“Khusus untuk penataan Pulau Dompak akan kita perkuat melalui UPTD. Keingian ini sudah disetujui Kementerian Dalam Negeri (UPTD),” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS. Arif Fadillah, awal pekan kemarin.

Mantan Sekda Karimun tersebut menjelaskan, UPTD itu nanti berada dibawah kendali Dinas Pekerjaan Umum, Pertanahan dan Tata Ruang. Ia berharap dengan terbentuknya, UPTD rencana strategis pembangunan Pulau Dompak menjadi lebih tepat dan terarah.

“Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri Dompak bukan hanya sebagai pusat pemerintah Provinsi, tetapi ikon baru Tanjungpinang,” papar Arif.

Masih kata Arif, lewat APBD Tahun Anggaran (TA) 2018 ini, sudah dialokasikan sejumlah anggaran untuk pelaksanaan pembangunan dan peningkatan infastruktur. Baik itu kelanjutan Gerbang Jembatan I Dompak, peningkatakan jalan, dan penataan bundaran.

“Perbaikan lift Masjid Raya Dompak juga sudah rampung di lakukan. Jika sudah waktunya nanti, akan dibuka untuk umum. Sehingga bisa mendukung kunjungan wisata,” jelas Arif.

Ditambahkannya, untuk persoalan keamanan juga akan dibangun pos jaga Satpol PP di dua sisi Jembatan I Dompak. Diakuinya, untuk mempercantik Dompak memang membutuhkan biaya. Sehingga tidak bisa dilakukan secara sporadis pembangunannya.

“APBD Kepri anggarannya sudah dibagi-bagi. Meskipun pembangunan Dompak menjadi skala prioritas, tetap dilakukan secara bertahap,” tutup Arif.(jpg)

Respon Anda?

komentar